Ide Bisnis untuk Pecinta Buku

Cinta dengan buku? Mengapa tidak sekalian melebarkan kecintaan Anda terhadap buku dengan mendirikan usaha yang terkait dengan buku? Ya, tentunya akan sangat menyenangkan bukan bila Anda bisa menghasilkan uang dari kecintaan Anda. Apalagi kini untuk masalah permodalan—satu faktor utama dalam membangun bisnis—sudah dipermudah dengan adanya fasilitas pinjaman modal usaha kecil yang ditawarkan oleh bank di Indonesia. Lalu, bagaimana dengan bentuk bisnisnya? Jangan khawatir, berikut beberapa ide bisnis yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda pecinta buku. Silakan intip:

bisnis untuk pecinta buku

bisnis untuk pecinta buku

Jualan Buku Bekas 

Ada dua tipe pembaca buku, mereka yang suka membaca buku berulang kali dan mengoleksinya dan mereka yang cukup membaca buku satu kali tamat kemudian bingung mau di kemanakan bukunya, sementara rak buku di kamar sudah mulai berontak tidak muat. Nah, kalau Anda adalah tipe yang ke-dua, bisnis satu ini bisa jadi cocok untuk Anda: jualan buku bekas. Yup, daripada dibiarkan berdebu dan menjamur di rak buku, lebih baik jual kembali buku-buku bekas Anda (yang tentunya masih dalam kondisi bagus) ke orang lain. Anda bisa membuka semacam toko kecil di rumah atau dengan memanfaatkan teknologi sosial media, seperti facebook dan instagram, sebagai media jualan Anda. Keuntungan dari jualan ini pun bisa kembali Anda gunakan untuk belanja buku lainnya.

Rental buku

Kalau Anda merasa susah “berpisah” dengan buku-buku koleksi, maka bisnis rental buku bisa menjadi pilihan Anda. Secara praktiknya, memang usaha kecil ini lebih merepotkan dibandingkan dengan jualan buku bekas. Anda harus merelakan sepetak lahan halaman atau garasi Anda untuk menjadi tempat display buku-buku yang hendak dirental. Selain itu, kadang ada resiko dimana buku yang Anda rentalkan itu rusak saat dipinjam. Untuk itu perlu ada peraturan yang mewajibkan peminjam mengganti buku bila terjadi kerusakan saat peminjaman.

Percetakan dan penerbitan buku

Berbeda dengan dua bisnis sebelumnya, bisnis percetakan dan penerbitan buku tidak berhubungan langsung dengan buku yang Anda miliki. Bisnis ini juga membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan dengan dua bisnis tadi. Namun menemukan naskah buku yang potensial, kemudian “melahirkan”  buku tersebut hingga diterima oleh masyarakat merupakan suatu proses yang luar biasa. Kalau Anda memiliki modal lebih, kenapa tidak?

 Jasa translator buku

Ingin membaca buku bahasa asing tanpa harus beli buku? Nah, manfaatkan keahlian bahasa yang Anda miliki dengan membuka jasa translator buku bahasa asing. Bayangkan, Anda mendapatkan uang cukup dengan membaca dari rumah Anda sendiri, mudah dan menyenangkan bukan? Namun, untuk lebih memantapkan bisnis ini, ada baiknya untuk memperluas kemampuan bahasa Anda, tidak hanya satu bahasa saja.

Daripada repot-repot berinvestasi melalui lembaga investasi dan justru terkena modus penipuan lembaga investasi karena salah pilih, lebih baik mencari penghasilan dengan menjadi wirausaha kan. Apalagi, usaha ini sesuai dengan hobi Anda. So, tunggu apa lagi? Yuk, mulai buka bisnis kecil-kecilan Anda! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *