Hindari Selip Ban pada Truk dengan Cara Berikut

Selip ban truk atau skid adalah situasi ketika satu atau lebih ban truk terkunci, tergelincir ke samping, ataupun kehilangan traksi karena akselerasi yang berlebihan (Driving tests). Kejadian ini paling sering terjadi di jalanan yang licin, baik karena hujan ataupun turun salju. Untuk itu, pengemudi truk Canter perlu kewaspadaan tinggi ketika berkendara di area yang baru saja dibasahi oleh air hujan atau salju karena bisa menjadi penyebab truk selip saat dikendarai. Berikut adalah beberapa cara menghindari selip ban pada truk:

slip ban truk

slip ban truk

  • Lakukan pengereman dengan aman

Seperti yang sudah disebutkan di atas, akselerasi yang berlebihan dapat mengakibatkan ban truk selip. Akselerasi ini termasuk juga ketika pengemudi akan melakukan pengereman. Maka dari itu, janganlah menginjak pedal rem secara mendadak bila truk melewati jalan basah nan licin. Sebaliknya, seorang pengemudi truk harus mengerem kendaraannya dengan aman. Teknik pengereman yang aman adalah dengan tidak memberikan banyak tekanan ketika akan menginjak pedal rem. Untuk itu, pengendara truk dapat menginjak pedal rem secara perlahan dan lembut, dengan sedikit tekanan saja ketika melalui jalanan yang basah.

  • Perhitungkan jarak truk dengan kendaraan lain

Mengutip laman Smart Trucking, jarak henti sebuah truk komersial bergantung pada beberapa faktor, seperti laju kendaraan, berat yang diangkut, kondisi jalan, serta ketinggian muatan. Tak ayal, menghentikan truk umumnya butuh waktu dua kali lebih lama daripada kendaraan penumpang. Inilah alasan mengapa memperhitungkan jarak truk dengan kendaraan lain di depannya menjadi sangat penting. Tips dari seorang pengendara truk profesional: selalu lebihkan perkiraan jarak henti truk dari kendaraan di depan agar pengemudi tak harus mengerem mendadak, yang mana dapat berakhir dengan selip ban.

  • Gunakan bantuan jake brake

 Jake brake adalah mekanisme pengereman mesin yang dipasang pada beberapa mesin diesel (Wikipedia). Istilah ini sering juga dikenal dengan rem kompresi atau rem dekompresi.  Pengendara truk profesional menyarankan pengemudi truk untuk menggunakan bantuan rem ini ketika truk perlu melewati permukaan jalan yang basah dan licin. Memang tidak semua pengemudi truk profesional sepakat dengan trik ini, akan tetapi, komponen ini dapat membantu pengendara untuk memperlambat laju truk tanpa berakhir dengan selip ban. Tips: gunakan bantuan jake brake pada posisi terendah, yang hanya akan mengaktifkan satu dari 3 kepala silinder.

Demikian ulasan tentang tips untuk menghindarkan truk dari selip ban ketika melewati jalanan yang basah dan licin. Semoga informasi di atas berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *