Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pergi Hiking

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang mendukung aktivitas hiking. Hiking sendiri merupakan kegiatan outdoor yang melibatkan jalan kaki dengan mengikuti jalur yang sudah ada. Hiking tidak melulu harus melibatkan gunung, mencapai puncak bukit yang tidak terlalu tinggi juga sudah bisa dikatakan hiking asal ada jalur yang bisa dilalui. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba aktivitas ini, baiknya perhatikan dulu beberapa hal yang harus disiapkan sebelum pergi hiking. Yang pasti, jangan lupa lengkapi diri Anda dengan asuransi travel supaya aktivitas hiking lebih aman, ya!

persiapan hiking

persiapan hiking

  1. Biasakan untuk berjalan kaki sebelum hiking. Hiking membutuhkan stamina tubuh yang prima. Oleh sebab itu, jika tak terbiasa berjalan kaki, aktivitas hiking ini pastinya akan menjadi sesuatu yang memberatkan. Tubuh Anda akan ‘kaget’ karena harus melakukan kegiatan berat ketika hiking. Untuk itu, melatih tubuh dengan berolahraga rutin sebelum aktivitas outdoor sangatlah disarankan. Caranya pun sederhana: Anda bisa membiasakan diri untuk berjalan kaki atau mulai rutin jogging setiap hari.
  2. Pilih destinasi yang sesuai kemampuan. Anda yang paling tahu sejauh mana kemampuan Anda dalam ber-hiking, jadi sebaiknya pilihlah destinasi yang masih berada dalam jangkauan. Tak usah terlalu memaksakan diri untuk mencapai puncak yang tinggi jika kemampuan Anda masih jauh dari itu. Pasang target yang realistis, lalu tambahkan targetnya perlahan-lahan jika Anda sudah mampu.
  3. Cek ramalan cuaca. Sebelum menentukan waktu hiking, jangan lupa mengecek ramalan cuaca untuk melihat prediksi di hari tersebut, ya. Ini penting untuk memastikan bahwa cuaca cukup bersahabat sehingga Anda bisa hiking dengan aman. Jika ternyata di hari tersebut hujan, Anda bisa mencari hari lain yang cerah atau berawan.
  4. Kenali medannya. Mencari tahu tentang medan yang akan dihadapi juga bisa membantu aktivitas hiking Caranya dengan bertanya kepada orang yang sudah pernah berkunjung ke sana, membaca review, dan juga melihat kondisi medan melalui foto atau live maps yang kadang tersedia di Google.
  5. Siapkan alas kaki yang nyaman. Alas kaki yang dimaksud di sini tak hanya sepatu, ya. Anda yang tak terbiasa memakai sepatu juga bisa memilih sandal gunung sebagai pilihannya. Yang terpenting adalah pastikan alas kaki Anda nyaman untuk dipakai berjalan kaki di semua medan. Pilih sepatu atau sandal yang ringan, tidak berat, dan tak lecet di kaki.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum hiking. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *