Kapan Waktu Tepat Mengganti Oli Encer ke Kental?

Kendaraan saat ini umumnya memiliki celah sempit antar komponen mesinnya. Kondisi ini membuat para produsen oli terbaik berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan memproduksi oli yang cukup cair. Dengan begitu, para pemilik kendaraan tidak perlu kebingungan mencari oli yang tepat saat waktunya untuk melakukan penggantian oli.

Namun, tentunya penggunaan oli encer ini juga tidak bisa selamanya dilakukan. Sebab semakin tua usia mesin, maka tingkat kerenggangannya juga akan semakin bertambah. Pada saat itu, menggunakan oli yang encer akan membuat oli tidak lagi berfungsi maksimal dan akan berdampak buruk pada komponen mesin.

saat-tepat-ganti-oli

saat tepat ganti oli

Permasalahannya, kita tidak mungkin bisa melihat apakah tingkat kerenggangan mesin sudah bertambah atau belum. Di mata kita, ukurannya pasti akan selalu sama. Lalu, bagaimana kita mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli dari encer ke kental?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada tiga paramater yang bisa digunakan, yaitu:

  • Usia

Usia dasar atau umum yang mengharuskan Anda melakukan perubahan kekentalan oli adalah 4 tahun. Artinya, ketika mobil sudah berusia 4 tahun, kemungkinan besar mesin sudah mengalami perenggangan yang lebih besar sehingga perlu untuk dilakukan penyesuaian oli.

  • Jarak tempuh

Jika mobil Anda termasuk aktif digunakan, maka ada baiknya jika menggunakan parameter ini sebagai acuan. Misalnya mobil digunakan setiap hari secara aktif hampir sehari penuh, tentunya kerapatan antar komponen mesin akan lebih cepat merenggang. Jadi untuk kondisi ini, tidak perlu menunggu hingga usia mobil 4 tahun untuk mengganti kekentalan oli. Apalagi jika medan perjalanan yang ditempuh tergolong berat, maka penggantian oli ke yang lebih kental akan lebih cepat diperlukan.

  • Tingkat penguapan

Nah, bagi Anda yang mungkin masih bingung menjadikan jarak sebagai acuan, Anda juga bisa mencoba cara mudahnya dengan memperhatikan tingkat penguapan oli. Dalam kondisi normal, oli mesin tidak akan mengalami penguapan terlalu banyak dan biasanya diganti karena kualitasnya yang sudah kurang baik. Namun jika kerenggangan mesin meningkat dan mobil membutuhkan oli dengan kekentalan yang meningkat juga, maka penguapan oli akan semakin tinggi. Anda bisa memperhatikan jumlah oli pada tangki, jika jumlahnya berkurang drastis maka artinya sudah waktunya untuk Anda mengganti oli yang digunakan.

Pada awal perubahan, mungkin Anda akan merasa ada yang berbeda pada mobil. Misalnya tarikannya lebih lambat.Hal ini wajar karena mesin membutuhkan waktu untuk menyesuaikan. Namun jika keluhan ini tidak juga hilang dan semakin parah, ada baiknya jika segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *