Tips Memilih Apartemen Pertama Anda

Apartemen kini banyak dilirik sebagai alternatif hunian, terutama di kota-kota besar dan pusat perekonomian seperti Jakarta. Banyaknya pilihan available apartement in Jakarta tentunya membuat Anda harus super teliti untuk bisa memilih mana apartemen yang terbaik bagi Anda. Untuk mempermudah pencarian Anda, berikut ini beberapa tips dalam memilih apartemen pertama Anda yang mungkin bisa membantu.

Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi apartemen merupakan hal penting yang harus dipikirkan pertama kali.  Sebaiknya pilih lokasi apartemen yang berdekatan dengan tempat Anda berkegiatan sehari-hari, misalnya saja kantor atau sekolah Anda. Selain itu, lihat juga bagaimana akses apartemen dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan lain sebagainya. Hindarilah apartemen dengan jalur transportasi yang jauh dari fasilitas umum atau rawan macet.

Tips memilih apartemen

Tips memilih apartemen

Reputasi Pengembang

Sebaiknya Anda terlebih dulu mencari tahu reputasi atau kredibilitas pengembang apartemen yang ingin dibeli. Pastikan pengembang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya untuk menghindari resiko penipuan serta masalah yang terkait dengan legalitas apartemen di kemudian hari.

Untuk mengetahui reputasi pengembang ini bisa dilakukan dengan melihat proyek-proyek yang pernah dilakukan oleh pengembang sebelumnya. Bagaimana pengerjaan proyek tersebut dilakukan, bagaimana review dari para pemiliki apartemen, dan lain sebagainya.

Fasilitas apartemen

Fasilitas apartemen menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat menyewa apartemen ataupun membelinya.Cari tahu apa saja fasilitas yang akan Anda dapatkan pada apartemen tersebut. Fasilitas ini terbagi menjadi fasilitas pribadi dan fasilitas umum. Fasiltas pribadi adalah fasilitas yang berada atau menempel dalam unit apartemen,  seperti TV kabel, AC, air panas, dan lain sebagainya. Pada beberapa apartemen, unit apartemen juga dilengkapi dengan furnitur sebagai bagian dari fasilitas.

Sementara fasilitas umum apartemen adalah yang digunakan bersama  dengan penghuni lain seperti tempat parkir, lift, dan lainnya. Pastikan fasilitas yang didapatkan ini lengkap dan sesuai dengan standar agar kenyamanan hidup Anda pada apartemen tersebut.

Biaya Perawatan Apartemen

Dengan adanya fasilitas dari apartemen, maka Anda akan dikenakan biaya untuk perawatan fasilitas tersebt yang akan ditagih setiap bulan atau tahunan. Cari tahu berapa biaya tersebut dan bandingkan dengan fasilitas yang Anda dapatkan.

Kebijakan apartemen

Pelajari juga kebijakan apartemen tersebut, misalnya saja apakah diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaan? Bila boleh tanyakan apakah ada biaya tambahan untuk membawa hewan peliharaan. Kemudian, apakah boleh melakukan renovasi pada unit apartemen yang sudah dibeli? Seberapa jauh renovasi atau perombakan bisa dilakan pada unit?

Membeli sebagai investasi

Bila Anda membeli apartemen sebagai investasi maka coba cari tahu berapa biaya sewa apartemen tersebut. Ini untuk mengetahui bagaimana potensi penyewaan apartemen Anda nantinya.

Itu tadi beberapa tips dalam membeli apartemen pertama Anda. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *