Berbagai Teknologi Untuk Penyimpanan Data

Semua orang pasti memiliki sebuah media khusus yang berfungsi untuk media penyimpanan data. Mengenai jenis medianya, akan bergantung pada kebutuhan dan juga besar data yang akan disimpan. Misalnya saja, seperti perusahaan yang memanfaatkan hyperconverged sebagai media penyimpanan data. Mengapa hyperconverged dipilih dan bukan data center biasa? Sebab, hyperconverged memberikan berbagai manfaat yang jauh lebih banyak daripada data center. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa hyperconverged merupakan solusi dari traditional IT di perusahaan.

Akan tetapi, tidak mungkin jika teknologi ini dimanfaatkan oleh personal ataupun perusahaan yang masih dalam skala kecil, karena biayanya yang tidaklah murah dan juga kompleksitas dari teknologi ini. Artinya, Anda tentunya membutuhkan media penyimpanan lain yang jauh lebih praktis, seperti beberapa media berikut ini:

media penyimpanan data

media penyimpanan data

  • CD atau DVD

CD atau DVD merupakan media penyimpanan yang cukup jarang digunakan, tapi bukan berarti tidak sama digunakan sama sekali. Sebab, untuk menyimpan data ke dalam media ini terbilang cukup merepotkan. Belum lagi, jika CD atau DVD yang digunakan tidak berlabel RW, maka data tidak bisa diedit. Untuk keperluan personal, biasanya digunakan sebagai media backup data. Sementara untuk keperluan perusahaan, media ini digunakan untuk keperluan pengiriman data pada media fisik kepada pihak lain.

  • Flashdisk

Media ini adalah yang paling umum digunakan oleh masyarakat saat ini. Bahkan, banyak yang memiliki lebih dari satu flashdisk, dan digunakan sesuai kebutuhan. Bentuknya beragam dan umumnya berukuran kecil, tetapi memiliki kapasitas yang cukup besar.

  • Harddisk external

Harddisk external memiliki fungsi yang sama dengan harddisk internal. Hanya saja, media ini tidak terpasang pada bagian dalam komputer dan memanfaatkan port USB untuk menghubungkannya dengan komputer atau pc. Memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada flashdisk dan umum digunakan sebagai media backup data. Hanya saja, haaddisk external cenderung sensitif sehingga banyak yang memilih untuk menyimpannya di satu tempat dan tidak membawanya kemana-mana.

  • Cloud

Ini adalah media penyimpanan yang cukup banyak diminati masyarakat saat ini. Cloud storage, merupakan media penyimpanan yang menggunakan teknologi internet untuk pengiriman data ke lokasi penyimpanan. Tidak ada yang tahu dimana lokasi fisik penyimpanan data tersebut, namun data yang tersimpan di cloud dapat diakses kapanpun dan di mana pun selama memiliki akses internet. Selain itu, data yang tersimpan juga bisa dengan mudah dibagikan kepada siapapun yang diinginkan.

Di antara semua media tersebut, media apa yang paling sering Anda gunakan? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *