Ragam Olahan Sup Hangat dan Nikmat dengan Kuah Kaldu

Untuk membuat sup terasa lebih nikmat, kaldu seringkali digunakan sebagai pilihan. Rasa gurih dan aromanya yang khas membuat kaldu menghadirkan cita rasa tersendiri dalam masakan. Kuah kaldu ini biasa dimanfaatkan untuk membuat sup ayam atau bahkan menjadi kuah untuk mie ayam dan bakso. Hanya saja, sebetulnya kuah kaldu ini bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan.

Sup Nikmat dengan Kuah Kaldu

Simak beragam jenis olahan sup hangat yang bisa dibuat dari kuah kaldu:

  1. Sup miso

Sup miso merupakan makanan khas Jepang berupa sup dengan bahan dasar dashi ditambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau sayur-sayuran, dan diberi miso sebagai perasa. Hidangan ini juga bisa Anda buat di rumah jika Anda menginginkan sup kaldu yang gurih dengan cita rasa berbeda. Untuk membuatnya, Anda bisa memasak pasta miso bersamaan dengan kuah kaldu. Tambahkan tahu dan daun bawang sebagai isian lalu masak hingga matang.

Gukbap Korea

Gukbap Korea

  1. Gukbap

Gukbap atau hot soup rice merupakan masakan khas Korea yang tercatat sejak zaman Dinasti Joseon. Sesuai dengan namanya, hidangan ini biasa disajikan dengan menuangkan kuah kaldu panas ke dalam mangkuk nasi. Nasi putih akan disusun di dalam mangkuk dengan topping daging, jamur, dan juga rumput laut, lalu disiram dengan kuah kaldu. Rasanya gurih dan hangat, sehingga tak jarang gukbap dijadikan sebagai comfort food bagi masyarakat Korea.

  1. Sup mie

Untuk Anda yang ingin mengonsumsi mie dengan cara yang berbeda, sup mie bisa dijadikan pilihan. Caranya pun mudah: tinggal merebus mie yang diinginkan bersama kuah kaldu, lalu tambahkan sayur sesuai selera. Agar lebih nikmat, boleh juga tambahkan potongan sosis, bakso, ataupun potongan ayam. Rasanya segar dan hangat, cocok dikonsumsi saat hari hujan.

  1. Sup telur

Terakhir adalah sup telur. Sup telur atau egg drop soup merupakan sup yang terbuat dari kuah kaldu, telur, tepung maizena, dan daun bawang. Cara membuatnya bisa dengan mengocok telur dengan tepung maizena, lalu masukkan ke dalam kuah kaldu yang sudah dipanaskan secara perlahan-lahan. Tambahkan daun bawang lalu masak sampai matang. Sup telur siap untuk dinikmati.

Dari empat sup dengan kuah kaldu di atas, mana yang paling ingin Anda nikmati? Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *