Pilih Ngekost atau Sewa Rumah Bersama?

Siapa yang tidak kenal dengan Jakarta, kota yang tidak pernah tidur ini dianggap dapat memberikan kehidupan yang lebih baik. Tidak heran, banyak masyarakat yang akhirnya keluar dari kampung halamannya untuk mengadu nasib ke Jakarta, baik untuk bekerja maupun kuliah. Namanya juga kota besar, maka biaya hidup di Jakarta sudah pasti mahal, mulai dari makanan hingga tempat tinggal. Karena itulah ngontrak atau sewa rumah murah Jakarta bersama dengan teman-teman dan rumah kost-kostan menjadi pilihan bagi mereka.

Di Jakarta, kawasan kost dan penyewaan rumah memang sangat mudah ditemukan, terutama di kawasan perkantoran dan perkuliahan. Dari kedua pilihan tersebut, tentunya masing-masing memiliki nilai plus dan minus masing-masing. Sebab, jika memilih ngekos, mungkin privasi kita terjamin namun tetap terkekang banyak aturan yang ditetapkan ibu kos. Kalau memilih sewa rumah, tentu ada hal-hal yang harus dilakukan sebagai persiapan sewa rumah bersama karena kita akan tinggal bersama orang lain nantinya.

Lalu mana yang lebih baik, kost atau sewa rumah bersama? Cek beberapa hal berikut untuk menentukannya:

Kost-kostan 

Rumah kost

Rumah kost

  1. Lebih cocok untuk mereka yang lebih suka menyendiri. Meski kost-kostan pastinya banyak penghuni lain, namun kita masih bisa menikmati “me time” di dalam kamar kita sendiri.
  2. Berbagi kamar mandi. Yup, tinggal di kostan berarti kita harus siap untuk berbagi kamar mandi dengan orang lain yang belum tentu kita kenal. Meski begitu, saat ini sudah ada juga beberapa kostan yang menyediakan kamar dengan kamar mandi berada di dalam, tentu saja dengan harga yang lebih mahal.
  3. Tidak perlu repot dengan pembayaran fasilitas pembayaran seperti listrik dan air. Ini karena biasanya hal tersebut sudah masuk ke dalam tarif kost-kostan yang dibebankan di awal.
  4. Beberapa kostan memberikan aturan jam malam. Sehingga kita tidak bisa bebas bila harus pulang malam dan harus memberitahukan sebelumnya kepada pemilik kostan.

Sewa rumah bersama teman 

Rumah disewakan

Rumah disewakan

  1. Tarif sewa rumah relatif lebih murah dibandingkan dengan tarif kost-kostan. Ini karena kita bisa membaginya bersama dengan teman-teman yang lain.
  2. Sewa rumah bersama ini bisa dipilih bila kita merantau ke Jakarta bersama dengan beberapa teman. Namun perlu diingat, sebaiknya pilih-pilih teman rumah yang memang kita kenal dekat dan cocok dengan kita. Jangan sampai suasana rumah menjadi tidak nyaman karena ada perbedaan pendapat atau sifat yang tidak cocok, sehingga menyebabkan tidak betah tinggal di rumah sewa.
  3. Lebih repot dalam pembayaran fasilitas rumah, seperti air, listrik, dan mungkin uang sampah serta keamanan lingkungan, karena kita harus membayarnya sendiri.
  4. Tidak ada jam malam, jadi kita bisa bebas untuk pulang malam.

Jadi, pilih yang mana? Sesuaikan dengan kebutuhan kita saja. (Raw)

One thought on “Pilih Ngekost atau Sewa Rumah Bersama?”

  1. Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *