Intranet dan Internet Itu Berbeda, Loh!

Penggunaan teknologi internet di masyarakat saat ini sudah meningkat dengan tajam, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan bisnis. Untuk keperluan pribadi, biasanya orang akan menggunakan provider internet yang menyediakan koneksi internet di smartphone. Semen

intranet vs internet

intranet vs internet

tara, untuk keperluan bisnis, internet fiber optic yang banyak dipilih karena memiliki koneksi lebih stabil.

Selain internet, ada satu teknologi lagi yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah perusahaan, yaitu intranet. Loh, memangnya intranet itu berbeda dengan internet? Meskipun memiliki nama yang mirip dan konsep serupa, yaitu teknologi yang saling menghubungkan satu perangkat komputer ke perangkat yang lain, tapi sebenarnya kedua teknologi ini berbeda, loh!

Nah, supaya lebih paham, langsung saja yuk dibahas!

  • Intranet

Teknologi yang menghubungkan satu perangkat komputer ke perangkat komputer lain yang masih berada dalam satu area yang sama. Teknologi ini juga sering disebut sebagai jaringan pribadi, karena memang hanya perangkat tertentu yang terhubung dengan jaringan ini sajalah yang bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Intranet pada umumnya dimanfaatkan untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Pada jaringan intranet ini, akan ada 1 buah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lainnya bersifat ebagai klien. Untuk membentuk jaringan ini, digunakanlah kabel yang akan menghubungkan semua perangkat ke dalam LAN (Local Area Network). Jaringan intranet memanfaatkan koneksi LAN untuk saling terhubung satu sama lain. Meskipun begitu, intranet juga bisa dilengkapi dengan fasilitas internet setelah melakukan beberapa setting.

  • Internet

Teknologi yang menghubungkan satu perangkat komputer dengan perangkat lain, tapi memiliki jaringan yang sangat luas dan bisa dikatakan tak terbatas. Sebab, jaringan ini memungkinkan user atau penggunanya untuk saling terhubung di manapun mereka berada. Internet menggunakan sistem global Transmission Control Protocol tau Internet Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukarannya.

Jika dilihat dari segi jangkauan, jelas saja internet memiliki keunggulan. Bahkan, teknologi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki rekan kerja di luar kota ataupun luar negeri, karena dapat mempermudah dalam hal menjalin komunikasi. Apalagi untuk beberapa perusahaan yang bergera dibidang digital yang selalu membutuhkan internet agar dapat produktif, teknologi ini menjadi hal yang sangat penting. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *