Mengapa Membiarkan Anak Bermain itu Penting?

Masa kanak-kanak merupakan masa dimana bermain menjadi hal yang penting. Bagaimana tidak, bermain ternyata memiliki peran penting dalam pembentukan karakter bahkan skill yang mereka perlukan dewasa nanti. Apalagi, saat ini sudah banyak edutainment park in Jakarta yang tidak hanya menjadi tempat anak bermain namun juga sebagai wahana belajar. Nah, buat Anda yang masih ragu untuk membiarkan anak Anda bermain sepuasnya, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat anak dari bermain.

pentingnya membiarkan anak bermain

pentingnya membiarkan anak bermain

 Meningkatkan kepercayaan diri

Melalui akitivitas bermain, anak berkesempatan untuk mencoba hal baru, menaklukan rasa takut mereka, dan akhirnya meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka. Anak-anak akan merasakan kepuasaan setelah berhasil menyelesaikan satu kegiatan, yang kemudian akan membuat mereka semakin berani untuk mencoba hal-hal baru.

Meningkatkan skill motorik dan kemampuan atletik anak

Permainan fisik yang dilakukan oleh anak tanpa disadari membantu berkembangan skill motorik mereka. Misalnya saja ketika mereka mencoba menyentuh ujung jari kaki mereka, secara langsung mereka juga belajar mengenai keseimbangan dan koordinasi tubuh mereka. Atau, ketika mereka menari mereka belajar mengenai ritme dan bagaimana bergerak sesuai dengan irama. Kemampuan yang mereka dapat dari bermain ini nantinya akan semakin terasah ketika dewasa.

Meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi

Bermain bersama dengan teman-teman lainnya dapat membantu meningkatkan kemampuan anak untuk bekerjasama sebagai tim untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Selain itu, bermain bersama juga mengajarkan anak pentingnya untuk saling berbagi.

Mengembangkan kemampuan anak menyelesaikan masalah

Bermain membantu anak memahami masalah sekaligus mengetahui cara untuk menyelesaikannya. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa tidak membiarkan anak untuk bebas bermain bisa berbahaya. Ini karena, membiarkan anak untuk melakukan hal “menakutkan” bagi mereka serta mengambil resiko akan membuat anak mengetahui batasan kemampuannya. Secara insting, mereka jadi terbiasa untuk melihat beragam pilihan yang bisa mereka ambil beserta dengan resiko yang mereka dapat dengan pilihan mereka itu. Ini, membantu mereka menambah pengalaman sekaligus meningkatkan kempuan bertahan hidup mereka di dunia nyata nantinya.

Bermain membuat anak senang

Yang paling penting dari semua manfaat bermain anak adalah satu ini, membuat anak bahagia. Ya, membebaskan anak untuk bermain membuat mereka merasa senang dan bahkan dapat menghindarkan anak dari rasa pusing.

Nah, melihat betapa banyak manfaat yang bisa didapat dari bermain ini, tentunya anak tidak akan lagi ragu untuk mengajak anak bermain di playground, kan?  (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *