Mengenal Jenis Pipa di Rumah

Pipa air merupakan salah satu benda yang pasti kamu temukan di dalam rumah. Mulai dari sebagai saluran pembuangan, saluran air, hingga saluran gas, pipa memang memiliki fungsi yang sangat penting pada rumah. Tapi mungkin, Anda tidak tidak terlalu ngeh dengan jenis pipa yang Anda gunakan di rumah, karena biasanya yang diperhatikan adalah berapa harga pipa yang digunakan. Padahal, beda jenis pipa memiliki kegunaan yang berbeda pula.

Nah, berikut ini beberapa jenis pipa yang biasa digunakan pada rumah tangga:

jenis-pipa

Pipa PVC

PVC merupakan kependekan dari PolyVinyl Chloride. Pipa jenis ini memiliki kegunaan yang luas, mulai dari pembuangan dan pipa aliran air utama di rumah. Pipa yang biasanya berwarna putih atau cream ini memiliki jenis ketebalan yang berbeda-beda, misalnya saja 40 atau 80 yang bia dicek pada cetakan di sepanjang pipa. Harganya yang tidak terlalu mahal, tahan terhadap paparan kimia dan umurnya yang awet membuatnya menjadi pipa yang populer di gunakan di rumah. Namun, satu kekurangan pipa ini adalah tidak tahan terhadap air panas dan bisa menciut ketika terkena air panas.

Pipa CPVC

Chlorinated Polyvinyl Chloride atau pipa CPVC sama-sama merupakan pipa plastik seperti pipa PVC, bedanya adalah CPVC mengandung (klorin)chlorine yang membuatnya aman digunakan sebagia pipa air minum langsung. Pipa CPVC memiliki kekuatan yang sama dengan pipa PVC dan juga tahan dengan air atau suhu panas hingga 180o celcius (tergantung dengan ketebalannya), sehingga cocok digunakan sebagai instalasi untuk air panas dan dingin.

PEX

Cross-linked Polyethylene atau PEX merupakan pipa plastik yang serba guna serta tahan suhu panas dan dingin. Instalasi pipa ini juga mudah karena mudah dipotong, disambung, serta fleksibel. Satu pipa PEX bahkan bisa digunakan untuk instalasi satu rumah tanpa harus memotongnya. Namun, harga pipa ini lebih mahal sekitar tiga hingga 4 kali dibandingkan dengan harga pipa pvc atau tembaga.

Pipa Tembaga

Pipa Tembaga tahan akan korosi sehingga bebas dari karat dan umum digunakan untuk pipa penyuplai air. Karena terbuat dari bahan besi, pipa tembaga memiliki sifat yang kuat, kokoh, dan tidak mudah bocor. Karena tidak mudah karatan, pipa ini tidak akan mengotori air. Keunggulan lainnya adalah tahan suhu panas dan pipa yang lama masih bisa didaur ulang atau digunakan kembali.

Itu tadi beberapa jenis-jenis pipa yang bisa digunakan dalam rumah. Semoga informasi tadi bisa berguna ya. (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *