Mengenal AC Floor Standing, Kelebihan, dan Cara Kerjanya!

Berada di daerah Khatulistiwa dan beriklim tropis, membuat cuaca di negara Indonesia selalu panas meski saat musim hujan sekalipun. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa banyak penghuni yang memutuskan menggunakan AC (Air Conditioner) dalam hunian dengan memperhatikan berbagai fitur AC sebelum membelinya. Salah satu jenis AC yang kerap digunakan adalah AC Split (Ductless). AC jenis ini biasanya ditempelkan pada permukaan dinding hunian. Namun, tak hanya jenis Split, tersedia pula ac standing atau lebih dikenal dengan AC Floor Standing.

Lantas, apa yang dimaksud dengan AC Floor Standing, bagaimanakah cara kerjanya, dan apa kelebihan yang dimilikinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini! (source: achwana.com)

AC Floor Standing

AC Floor Standing

AC Floor Standing merupakan salah satu jenis pendingin ruangan yang penggunaannya tidak ditempelkan pada dinding hunian melainkan ditaruh di atas lantai. AC jenis ini memiliki ukuran yang lumayan besar dan kerap digunakan pada event-event besar namun bisa pula diletakkan di dalam hunian. AC satu ini memiliki sistem pendingin yang terletak di bagian dasar mesin dan mengeluarkan panas melalui ventilasi yang terdapat pada dinding terluar AC.

Cara kerja dari AC Floor Standing ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan AC jenis lainnya. Hanya saja, AC satu ini memiliki unit indoor dan outdoor yang saling menyatu. Proses pendinginan dari AC satu ini pun mengubah air menjadi udara segar. Biasanya, air diubah di dalam sebuah tangki yang ada di dalam AC.

Nah, terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh AC Floor Standing ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hemat penggunaan listrik sehingga ketika digunakan bisa menekan anggaran biaya listrik di dalam hunian.
  2. Bisa dipindahkan ke mana saja dan jika tidak digunakan maka pendingin ruangan satu ini bisa disimpan.
  3. Perawatan AC tidak menghabiskan biaya yang besar dan pemasangannya pun bisa dilakukan sendiri karena tinggal dicolokkan pada listrik.
  4. Udara yang dihasilkan cenderung normal dan natural sehingga membuat udara di dalam hunian pun tidak ada terasa dingin namun nyaman untuk dinikmati.
  5. Memiliki ukuran yang cukup variatif sehingga penggunaanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah.

Itu dia penjelasan singkat mengenai AC Floor Standing, cara kerja, dan kelebihan yang dimilikinya. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *