Memilih Oli untuk Kopling Kering pada Motor Matic

Kopling adalah salah satu komponen pada sepeda motor yang memiliki fungsi sebagai pengatur daya yang dihasilkan oleh mesin menuju transmisi kendaraan. Secara umum, kopling terbagi menjadi kopling basah dan kopling kering. Kopling basah adalah kopling yang terendam oleh oli, sedangkan kopling kering adalah sebaliknya. Meski demikian, bukan berarti motor matic tidak membutuhkan oli. Sebab kopling kering serta komponen mesin lainnya tetap membutuhkan pelumas. Oleh karenanya, menggunakan oli motor terbaik untuk matic adalah suatu kewajiban bagi Anda selaku pemilik kendaraan ini. oli motor

Dewasa ini, motor matic adalah primadona jalanan. Alasannya tak lain karena jenis motor ini memberikan kemudahan untuk penggunanya. Cukup menguasai kendali gas dan rem saja, seseorang sudah dapat mengendarai motor matic. Hal ini tentu menguntungkan pengemudi, terutama pada situasi macet.

Permintaan yang tinggi terhadap kendaraan jenis ini membuat produsen berlomba menciptakan motor matic yang diidamkan masyarakat. Tak heran bila kini macam pilihan motor matic di pasaran semakin bervariasi. Di saat yang bersamaan, oli sebagai bahan suplemen sepeda motor matic juga kian banyak jenisnya. Kenyataan ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya oli seperti apa yang cocok untuk motor matic Anda.

Memilih oli yang tepat untuk kopling kering

Pada dasarnya, komposisi oli dibedakan atas kandungan base oil dan bahan aditif yang mengisinya. Motor matic membutuhkan kandungan zat aditif seperti molybdenum. Pasalnya, zat ini berfungsi sebagai pengurang gesekan pada bagian dalam mesin motor. Zat ini pula dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih ringan dan juga menghemat penggunaan bahan bakar.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan ketika memilih oli untuk motor matic adalah tingkat kekentalannya. Karena kopling tidak terendam oli, motor matic membutuhkan kekentalan oli yang pas agar mesin dapat bekerja secara optimal. Kekentalan oli yang tepat juga akan mengurangi gesekan pada mesin. Dengan demikian, kemungkinan overheat akan menipis.

Terakhir, pilihlah oli dengan sertifikasi JASO dan API untuk motor matic Anda. Japanese Automotive Standard Association (JASO) adalah institusi yang memeriksa kualitas oli untuk kendaraan yang diproduksi di negaranya (atau  kendaraan yang diproduksi oleh manufaktur Jepang), sedangkan American Petroleum Institute (API) adalah lembaga yang menguji kualitas oli yang dipakai oleh kendaraan berkopling kering. Karena motor matic lazimnya memiliki kopling kering dan kebanyakan keluaran manufaktur Jepang, maka oli dengan sua sertifikasi ini adalah jenis oli yang paling baik untuk motor matic.

Nah, itulah dia cara memilih oli untuk motor matic Anda. Selain mengetahui cara memilih oli motor untuk kopling kering pada motor matic, penting juga bagi Anda mengetahui penyebab terjadinya slip kopling pada sepeda motor. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko terganggunya performa dari sepeda motor. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *