Jangan Dibuang, Biji Alpukat Ternyata Banyak Manfaatnya!

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang digemari oleh banyak orang. Di Indonesia, ada banyak cara mengolah alpukat, baik dijadikan sebagai topping es campur, dipadukan dengan susu kental manis, dan juga dijus. Namun, kebanyakan orang-orang hanya menikmati dagingnya dan membuang biji alpukat. Padahal, biji alpukat memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan lho, salah satunya adalah untuk obat penyakit lambung. Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat biji alpukat? Yuk, simak!

Manfaat biji alpukat

Manfaat biji alpukat

  • Obat sakit maag

Sama seperti kunyit yang memiliki segudang manfaat untuk pencernaan, termasuk mengobati penyakit lambung, begitu pula dengan biji alpukat ini. Biji alpukat mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan lambung. Namun, bagaimana cara mengonsumsi biji alpukat untuk mengatasi sakit maag? Tenang saja, caranya cukup mudah. Pertama cuci bersih biji alpukat, kemudian campur dengan air matang setengah gelas, lalu konsumsi air tersebut pada pagi dan sore hari.

  • Mencegah kanker

Terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa biji alpukat ternyata bisa dijadikan harapan untuk mengobati kanker. Pasalnya, biji alpukat mengandung behenyl alcohon yang dapat membantu pengobatan untuk memperlambat pertumbuhan sel tumor.

  • Mengurangi peradangan

Biji alpukat juga dipercaya dapat mengurangi peradangan, bengkak, atau memar karena mengandung zat anti-inflamasi. Karena itu, sebagian orang mengolah biji alpukat menjadi lotion atau minyak untuk diolesi ke daerah tubuh yang mengalami peradangan.

  • Mengatasi diabetes melitus

Selain itu, biji alpukat juga dapat mengatasi penyakit diabetes melitus. Jika Anda ingin mencoba untuk memanfaatkan alpukat untuk mengatasi diabetes, maka Anda bisa mengolahnya dengan; memangangnya terlebih dahulu, lalu memotongnya dalam potongan kecil, kemudian rebus potongan tersebut, dan terakhir konsumsilah air dari hasil rebusan tersebut.

  • Meredakan sakit gigi

Biji alpukat juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, lho. Bagaimana cara memanfaatkannya? Anda bisa menumbuk biji alpukat hingga halus kemudian mengoleskannya pada gigi yang sakit.

Wah, ternyata ada banyak manfaat yang diberikan oleh biji alpukat ya. Jadi, mulai dari sekarang, jangan buang biji alpukat dan manfaatkanlah untuk kesehatan Anda! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *