Kebiasaan Berkendara yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Menyetir mobil kecil maupun besar seperti Truk Fuso dalam kondisi cuaca terang maupun hujan, sebenarnya sama-sama membutuhkan konsetrasi dan kewaspadaan. Itulah sebabnya, Anda tetap harus berada dalam kondisi sehat dan tidak mengantuk saat berkendara agar dapat terhindar dari terjadinya kecelakaan.

Nah, agar Anda maupun pengendara lain tetap aman saat berkendara dalam hujan, ada baiknya jika Anda menghindari beberapa hal berikut saat berkendara dalam hujan:

  • Menyalakan lampu hazard

Begitu hujan deras, lampu hazard langsung dinyalakan sebagai tanda keberadaan mobil Anda. Ini adalah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak pengendara dengan alasan, lampu hazard lebih terlihat dibandingkan dengan lampu lain. Hal tersebut mungkin benar, tetapi tahukah Anda bahwa kebiasaan ini sangat berbahaya? Sebab, lampu hazard yang dinyalakan terus menerus akan membuat pengendara lain tidak tahu kapan Anda akan berbelok atau berpindah jalur? Ada baiknya jika Anda menyalakan lampu utama saja dan fog lamp jika memang hujan sangat deras.

  • Meningkatkan kecepatan

Ingin segera sampai sehingga Anda justru memacu kecepatan sangat tinggi. Jika Anda adalah pengguna kendaraan roda dua, hal tersebut bisa dimaklumi, karena pastinya Anda tidak mau terlalu lama di bawah guyuran air hujan. Namun, jika Anda menggunakan mobil hal ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Sebab, pada saat hujan banyak kendaraan, terutama motor, yang menjadi kurang waspada. Selain itu, jalanan juga sangat licin sehingga kemungkinan terjadinya aquaplaning akan semakin besar.. Kedua kondisi ini dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kecelakaan.

  • Tidak menjaga jarak

Pada kondisi jalanan basah akibat hujan, kemungkinan ban kehilangan daya cengkramnya pada jalan saat proses pengereman akan semakin besar. Apalagi jika Anda berkendara dalam kecepatan tinggi, maka pengendalian atas kendaraan akan semakin sulit. Jika Anda tidak menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda, kemungkinan terjadinya tabrakan beruntun tidak lagi bisa dihindari.

Dengan menghindari kebiasaan terseut, mungkin tidak benar-benar bisa menghindarkan Anda dari terjadinya kecelakaan terutama yang disebabkan oleh orang lain. Namun, jika semua orang lebih aware dan menghindari berbagai hal di atas, maka kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat diminimalkan sesedikit mungkin. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *