Kapan Harus Mengganti Oli Motor? Yuk, Cari Tahu Jawabannya!

Ganti oli motor matic, gigi, maupun kopling memang menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Tujuannya, tentu untuk menghindari supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada sepeda motor dan menimbulkan dampak buruk. Lantas, kapan waktu terbaik mengganti oli motor ini? Langsung, disimak pembahasannya di bawah ini!

ganti oli motor

ganti oli motor

  1. Oli berubah warna menjadi hitam.

Saat membeli ataupun mengganti oli dengan yang baru, maka warna oli tersebut lebih kecokelatan ataupun biru. Namun, setelah terkontaminasi dengan berbagai zat salah satunya zat emisi dan terkena panas matahari, maka oli akan berubah warna menjadi lebih hitam. Oli yang menghitam menjadi pertanda jika Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika tidak diganti, tentu performa mesin kendaraan menjadi menurun dan lebih cepat aus. Untuk itu, jangan sampai tidak mengganti oli motor, ya!

  1. Volume oli berkurang.

Waktu paling tepat untuk mengganti oli adalah ketika volume oli dalam mesin motor berkurang. Bagaimana cara mengetahuinya? Cabut bagian penutup oli mesin yang terletak di sisi kanan mesin kemudian bersihkan stik yang berlumuran oli. Lalu, masukkan kembali stik oli seperti sediakala dan cabut lagi. Lihat, sampai mana batas oli melumuri stik. Jika hanya seperempat bagian stik saja yang terlumuri oli, maka sudah saatnya Anda mengganti oli.

  1. Suhu mesin lebih panas dari biasanya.

Melansir dari mediatinju.com, ketika kondisi fisik oli mulai memburuk, maka daya hantar panas oli menjadi berkurang. Yang mana, ini dapat menyebabkan penyebaran panas menjadi tidak merata sehingga menimbulkan radiasi panas. Jika Anda merasakan radiasi seperti ini, maka segeralah mengganti oli Anda dan jangan sampai membiarkannya terlalu lama. Sebab, jika dibiarkan tentu bisa menimbulkan dampak buruk pada sepeda motor Anda.

Nah, itu dia beberapa waktu terbaik melakukan penggantian oli pada sepeda motor. Jangan menunda penggantiannya karena bisa menimbulkan dampak yang sangat merugikan pada sepeda motor Anda, salah satunya motor bisa terbakar ketika dikendarai. Serta, jangan sembarang memilih jenis oli motor, pastikan menggunakan yang terbaik dan sesuai dengan motor Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *