Jarang Minum Air Putih? Waspadai Masalah Kesehatan Ini!

Aktivitas yang padat terkadang membuat kita lupa untuk minum air putih secara rutin. Bahkan, saat haus, mungkin kita lebih memilih untuk minum minuman seperti soda, es teh, sirup, dan lain-lain. Padahal, setiap harinya manusia membutuhkan asupan air yang cukup. Jika cairan tubuh tidak terpenuhi, organ dan sistem pada tubuh tidak bisa bekerja secara optimal. Buruknya lagi, hal ini dapat memicu berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga kronis. Meskipun Anda bisa mengajukan Allianz Klaim jika jatuh sakit, tentunya lebih baik mencegah dari sekarang daripada mengobati. Cobalah simak beberapa masalah kesehatan yang bisa mengintai jika Anda kurang minum air putih berikut ini:

manfaat minum air putih

manfaat minum air putih

  • Gangguan suhu tubuh

Cairan tubuh berperan penting dalam mengatur suhu tubuh agar suhu tetap stabil. Air dapat menyerap dan membuang panas yang merupakan efek samping metabolisme. Selain itu, ketika lingkungan panas, maka cairan tubuh akan dikeluarkan melalui kelenjar keringat untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Tanpa cairan tubuh yang cukup, seseorang bisa mengalami dehidrasi. Jika sedang berada di lingkungan yang terik matahari, dehidrasi bisa memicu overheating dalam tubuh yang menyebabkan badan terasa lemas, sakit kepala, pingsan, kejang, bahan kematian.

  • Cairan dan elektrolit tubuh tidak seimbang

Elektrolit dibutuhkan untuk menjaga fungsi jaringan. Sedangkan, air menjadi tempat larutnya elektrolit larut dan tersebar. Jika cairan tubuh tidak cukup, maka elektrolit tidak dapat bekerja secara maksimal dan fungsi jaringan tubuh pun bisa terganggu.

  • Penyakit ginjal

Racun yang ada di dalam tubuh akan disaring melalui sistem kemih. Namun untuk melancarkan proses ini, ginjal membutuhkan cairan yang cukup. Jika tidak terpenuhi, maka racun tubuh tidak bisa dikeluarkan secara optimal dan kemungkinan akan menumpuk. Pada akhirnya, hal ini akan membuat kerja ginjal semakin berat karena racun yang perlu disaring pun semakin banyak dan dapat mengakibatkan masalah pada ginjal.

  • Gangguan pencernaan

Air juga berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan. Air sangat dibutuhkan dalam proses mencerna dan penyerapan pada sistem pencernaan. Jika tubuh kekurangan air, proses pencernaan bisa terhambat dan mengakibatkan sembelit.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat kurang minum. Oleh sebab itu, janga lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya ya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *