Tekanan Angin Ban Terlalu Tinggi, Ini Dampaknya!

Melakukan ganti oli mobil secara rutin, ganti filter, menggunakan bahan bakar yang tepat, dan masih banyak lagi hal yang harus dilakukan agar performa mobil selalu terjaga. Namun, menjaga performa mesin mobil saja tidaklah cukup untuk aman berkendara, karena kamu juga harus memerhatikan komponen lainnya seperti ban.

Ya, ban mobil yang berada dalam kondisi baik sangat berperan penting dalam keamanan dan kenyamanan berkendara. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk komponen ini adalah tekanan angin yang digunakan. Biasanya, setiap pabrikan akan memberikan informasi dalam buku manual mengenai tekanan angin ideal yang paling tepat untuk ban mobil produksinya. Kamu mungkin masih bisa menambahnya sedikit saat membawa muatan berat. Namun jangan berlebbihan, karena tekanan angin terlalu tinggi dapat berisiko buruk.

Banyak orang yang masih berpikir bahwa ban mobil dengan tekanan berlebihan akan rawan meledak. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar karena semua tergantung pada kondisinya. Berikut ini adalah detailnya:

  1. Jika kelebihan tekanan angin hanya pada angka 5-10 psi, maka kemungkinan ban meledak sangatlah kecil. Sebab, ban memiliki kelenturan sehingga masih dapat menampung angin melebihi dari jumlah yang disarankan oleh pabrikan.
  2. Pada ban yang masih baru, terjadinya ban meletus juga kecil karena lapisan dinding ban masih cukup tebal sehingga bisa menahan tekanan angin.
  3. Ban mobil dengan tekanan berlebih bisa meletus jika usianya sudah tua dan lapisan dinding ban mulai tipis. Penyebabnya karena suhu panas yang dihasilkan saat ban mobil bergesekan dengan permukaan jalan juga meningkatkan suhu udara dalam ban. Akibatnya akan terjadi pemuaian dan ketika ban melewati permukaan jalan yang kurang bagus akan semakin mudah meletus.

Selain dapat membuat ban meletus, tekanan angin berlebih juga bisa menyebabkan lebih cepatnya ban bagian tengah mengalami aus. Hal ini disebabkan karena ban yang tidak menapak sempurna akibat bagian tengah yang menonjol. Kondisi ini juga berdampak pada sulitnya pengendalian mobil karena daya cengkram ban pada permukaan jalan yang minim.

Meski begitu, menjaga posisi tetap lurus adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan bila ban mobil pecah di tengah jalan. Dengan melakukan ini, kamu dapat meminimalisir kemungkinan lebih buruk, seperti kecelakaan atau tabrakan dengan kendaraan lain, terjadi.

Itulah dia ulasan tentang dampak tekanan angin ban yang terlalu tinggi. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *