Cara Merawat Printer All-In-One Agar Tahan Lama

Bagi Anda yang memiliki bisnis percetakan atau bekerja di perkantoran yang mengharuskan Anda untuk mencetak berbagai dokumen, Printer All-in-One merupakan opsi terbaik untuk Anda. Sesuai dengan namanya, printer all-in-one ini memang memiliki berbagai fungsi dalam satu perangkat. Tak hanya melakukan print, printer ini juga mendukung fungsi scan, copy, fax, dan lain sebagainya. Yang pasti, Anda tak perlu repot untuk berganti-ganti perangkat saat melakukan pekerjaan. Cukup menekan tombol saja untuk mengganti fitur yang diinginkan.

merawat printer

merawat printer

Hanya saja, mengingat printer ini memiliki banyak fungsi, maka perawatannya pun tak boleh sembarangan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, agar printer Anda tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu lama:

1. Rutin digunakan

Ya, usahakan agar Anda rutin dalam menggunakan printer all-in-one yang dimiliki. Sebab jika tidak rutin digunakan, printer justru akan cepat rusak karena tintanya yang cepat mengering atau kinerjanya yang menurun. Jadi, pastikan untuk menggunakannya secara rutin, ya! Dengan demikian, tinta pada cartridge dan mesinnya pun akan terus bekerja dan tinta tak mudah mengering.

2. Bersihkan secara berkala

Selain rajin digunakan, printer pun harus dibersihkan secara berkala. Bersihkan permukaan printer dari debu yang menempel dengan menggunakan kemoceng, serta lap dengan kain lembut. Jika tidak rutin dibersihkan, debu yang menempel dikhawatirkan bisa masuk ke dalam mesin dan menghambat kinerjanya. Selain menjaga kebersihan fisik printer, Anda juga perlu melakukan head cleaning sesekali pada printer Anda.

3. Gunakan kertas yang tepat

Pastikan jika Anda menggunakan kertas dengan ukuran yang sesuai spesifikasi printer. Jangan memaksa menggunakan kertas yang tidak sesuai karena bisa menghambat proses pencetakan atau bahkan membuat printer macet saat mencetak.

4. Jangan sampai tinta kosong

Cek kondisi tinta di dalam printer secara berkala. Segeralah ganti tinta jika cartridge sudah hampir kosong. Hindari menunggu sampai cartridge benar-benar kosong karena bisa membuatnya tersumbat.

5. Mencetak secukupnya

Beberapa printer all-in-one memang memiliki kapasitas untuk mencetak dalam jumlah banyak. Hanya saja, pertimbangkan pula waktu cetak serta ketersediaan tintanya. Mencetak dalam jumlah banyak dan melebihi kapasitas bisa membebani cartridge dan menghambat proses pencetakan.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat printer all-in-one milik Anda. Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *