Ini Dia Daftar Buah yang Mengandung Banyak Vitamin C

Agar tubuh tetap sehat dan Anda bisa beraktivitas sebagaimana mestinya, tentu tubuh membutuhkan asupan sebagai penunjangnya. Salah satunya adalah dengan memastikan tubuh mendapatkan vitamin yang dibutuhkan, yakni vitamin C. Mengapa vitamin C? Sama seperti ketika Anda kekurangan vitamin E yang bisa berdampak buruk, kekurangan vitamin C pun bisa memiliki akibat yang sama pada tubuh. Pasalnya, vitamin ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi vitamin untuk tubuh fit atau rutin memakan buah yang kaya akan vitamin C.

Buah sumber vitamin C

Buah sumber vitamin C

Berikut merupakan daftar buah yang bisa Anda konsumsi:

  1. Kiwi. Bukan menjadi rahasia umum jika kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C, bahkan dua kali lipat dengan jumlah vitamin C pada jeruk. Selain vitamin C, kiwi juga mengandung magnesium, kalium, vitamin A dan E yang penting bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang agak asam dan juga segar membuat kiwi memiliki banyak penggemar. Biasanya, kiwi dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi jus buah segar.
  2. Jambu biji. Siapa sangka jika jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tak kalah banyaknya? Yap, pasalnya dalam 100 gram jambu biji, vitamin C yang terdapat di dalamnya mencapai 108 mg. Untuk khasiatnya sendiri, jambu biji bisa membantu mengatasi gangguan perut seperti diare.
  3. Stroberi. Anda pastinya sudah tahu dong jika stroberi memiliki kemampuan untuk mengendalikan diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit jantung? Well, ternyata tidak hanya itu saja, lho. Dalam satu porsi stroberi dengan berat per sajiannya sejumlah 147 gram, ternyata ditemukan vitamin C sebanyak 86,5 mg. Dengan demikian, mengonsumsi beberapa buah stroberi setiap harinya bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.
  4. Apel. Sering menjadikan apel sebagai buah pencuci mulut setelah makan? Well, good news! Sebab di dalam buah apel, Anda bisa menemukan kandungan vitamin C yang cukup banyak. Tidak hanya itu, apel juga mengandung flavonoid, antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan juga kanker. Bagi Anda yang sedang mencoba menjaga berat badan, kandungan kalori dalam apel juga rendah sehingga bisa dijadikan camilan sehat.
  5. Anggur. Anggur yang kecil dan mungil ini ternyata mengandung 10,8 mg vitamin C dalam setiap 100 gram sajiannya. Terlebih lagi untuk anggur merah, yang tidak hanya mengandung vitamin C tetapi juga zat besi, kalium, serat, dan juga antioksidan.

Itu dia beberapa buah yang merupakan sumber vitamin C. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk menu harian Anda, ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *