Dibanding Jeruk, Buah-buahan Ini Lebih Kaya Akan Vitamin C

Supaya dapat merasakan manfaat vitamin C, kita bisa mengonsumsi suplemen dan makanan yang kaya akan vitamin C, termasuk buah-buahan. Biasanya buah jeruklah yang sering disebut-sebut sebagai sumber vitamin C paling baik. Memang rata-rata terdapat sekitar 70 mg vitamin C di dalam satu buah jeruk pada umumnya. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan beberapa buah-buahan ini, jumlah kandungan vitamin C dalam buah jeruk ternyata tidak seberapa.

Buah jeruk sumber vitamin C

Buah jeruk sumber vitamin C

  • Nanas

Ya, salah satu buah tropis yang kaya akan vitamin C adalah buah nanas. Dalam per cup atau sekitar 200 gr nanas terdapat 79 mg kandungan vitamin C. Selain itu, buah nanas juga mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi alami yang dapat membantu kita lebih cepat pulih setelah melakukan olahraga berat.

  • Mangga

Buah mangga juga menyimpan vitamin C yang cukup tinggi. Satu buah mangga saja bisa mengandung 122 mg vitamin C. Cukup jauh jika dibandingkan dengan jeruk, bukan? Tak hanya kaya akan vitamin C, mangga juga memiliki kandungan zeaxanthan yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

  • Kiwi

Rasa masam dari buah kiwi menandakan kalau buah ini kaya akan vitamin C. Ya, kita dapat memperoleh sekitar 137 mg vitamin C dengan mengonsumsi dua buah kiwi. Buat kamu yang tidak terlalu rasa asam dari buah kiwi, kamu bisa mengolahnya menjadi jus buah atau mengonsumsinya sebagai topping dari smoothie.

  • Pepaya

Selanjutnya, vitamin C yang tinggi juga terkandung dalam buah pepaya. Dalam satu buah pepaya kecil, biasanya terdapat 95 mg vitamin C. Pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat meredakan infamasi atau peradangan. Selain baik untuk kesehatan tubuh, pepaya juga bisa membuat kulit terlihat lebih glowing.

  • Stroberi

Selain rasanya yang nikmat, buah stroberi memang kaya akan vitamin C. Terdapat sekitar 84,7 mg dalam satu gelas buah stroberi. Buah ini juga bisa kita nikmati dengan berbagai cara, bisa dibuat jus, pudding, atau dijadikan salad buah.

Ternyata masih banyak buah lain yang lebih kaya akan vitamin C dibandingkan buah jeruk, bukan? Pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup ya, khususnya ketika mulai munculnya gejala tubuh akibat kekurangan vitamin. Dengan begitu, masalah kekurangan vitamin akan dapat segera teratasi dengan tepat sebelum berkembang menjadi penyakit yang lebih parah. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *