Beragam Sumber Pinjaman Uang yang Biasa Digunakan

Tidak ada yang memungkiri bahwa uang merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan. Hampir semua kebutuhan untuk kelangsungan hidup manusia bisa dipenuhi dengan uang, termasuk mungkin kebahagiaan. Nah, untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan ini, pratek pinjam uang pun sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berbicara pinjam-meminjam uang, maka satu faktor yang tidak boleh hilang dari praktek tersebut adalah sumber pinjamannya. Tentu saja, tanpa faktor utama itu, dari mana lagi kita bisa mendapatkan pinjaman uang?

Nah berikut ini beberapa sumber pinjaman uang yang sering digunakan, beserta dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

pinjam uang

pinjam uang

Orang Tua/Saudara

Ini adalah sumber pinjaman yang paling sering digunakan, karena merupakan sumber terdekat. Proses pinjam uang pada sumber ini pun tidak ribet, tanpa bunga atau persyaratan lainnya. Cukup dengan asas kepercayaan dan darah yang sama yang mengalir dalam tubuh, biasanya uang pinjaman dapat dengan mudah dikeluarkan. Waktu pembayaran dan penagihannya pun fleksibel, bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Tapi, sumber pinjaman ini bukan tanpa kekurangan. Tidak sedikit tali keluargaan yang berakhir karena pinjam meminjam uang ini, yang bahkan berakhir di jalur hukum. Karena itu, sebagai pihak peminjam, kita sebaiknya juga tahu diri. Jangan terlalu lama dalam mengembalikan uang pinjaman dan sebaiknya lunasi meski mungkin tidak akan ditagih secara terang-terangan.

Teman

Sama seperti pada keluarga atau saudara sumber pinjaman satu ini juga tidak memerlukan persyaratan yang berat dan tidak dibebankan bunga saat pengembaliannya. Namun, bila kekeluargaan saja bisa hancur karena urusan uang, masalah pertemanan pun sama. Sebaiknya, jangan meminjam dalam jumlah yang terlalu besar kepada teman, sehingga kita bisa mengembalikannya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selain itu, kita juga harus peka dengan kondisi teman yang akan kita pinjam uangnya tersebut. Dan jangan langsung tersinggung apalagi marah ketika ternyata sang teman tidak dapat meminjamankan yang kepada kita. Siapa tahu, mereka memang sedang tidak punya uang juga, sama seperti kita.

Rentenir/lintah darat

Sumber pinjaman ini biasa ditemukan dipedesaan, atau daerah-daerah pinggiran. Ini dikarenakan kebanyakan peminjamannya adalah mereka yang memerlukan pinjaman dalam waktu cepat dan tidak bisa memenuhi persayaratan pinjaman bank/lembaga peminjaman legal. Meski mudah memberikan pinjaman, meminjam dari rentenir seperti ini biasanya tidak berakhir dengan baik, karena bunga yang dibebankan sangat tinggi. Bisa saja, kita membayar berkali-kali lipat dari jumlah pinjaman di awal.

Bank/Lembaga peminjaman legal

Produk pinjaman dari bank atau lembaga ini beragam, misalnya saja KTA atau kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan uang tunai kita. Namun, untuk bisa mendapatkan pinjaman uang dari bank atau lembaga peminjaman legal (finansial), kita harus bisa memenuhi persyaratan yang diberikan. Misalnya saja jumlah minimum pendapatan, adanya jaminan, dan lainnya. Ini untuk memastikan bahwa uang yang dipinjamkan nantinya bisa dikembalikan kepada bank/lembaga.

Pinjaman uang online

Nah, bila untuk meminjam di bank kita harus datang ke bank tersebut, yang kadang memakan waktu, dengan mengajukan pinjaman secara online kita tinggal duduk santai di depan gadget saja. Tidak sulit dan tidak ribet. Untuk persyaratan, tidak berbeda jauh dengan bank, namun bunganya biasanya bisa lebih rendah dan fleksibel.

Nah, itu tadi beragam sumber pinjaman uang yang biasa digunakan oleh masyakat Indonesia. Bagaimana dengan Anda? Lebih sering menggunakan yang mana? (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *