Ternyata Hal Ini Bisa Bantu Cegah Asam Lambung, Lho

Gastroesophageal Reflux Disease atau yang dikenal sebagai GERD, adalah gangguan pencernaan yang berhubungan dengan asam lambung. Biasanya, penderita GERD ini akan merasakan sensasi terbakar di dada alias heartburn. Lantas, cara menurunkan asam lambung apa saja yang bisa dicoba untuk mencegah kenaikannya? Berikut beberapa di antaranya:

mencegah asam lambung

mencegah asam lambung

  1. Mengontrol berat badan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah naiknya asam lambung adalah mengontrol berat badan. Mungkin kalian bertanya-tanya, apa hubungannya antara mengontrol berat badan dengan asam lambung? Well, ternyata hal ini sangat berhubungan, lho. Pasalnya, ketika berat badan kita berlebih, maka tekanan pada perut pun akan bertambah saat duduk sehingga dapat mendorong lambung dan menyebabkan asam naik kembali ke kerongkongan. Untuk itu, selalu kontrol berat badan agar tidak terus bertambah. Caranya adalah dengan rajin berolahraga, beraktivitas, dan juga menjaga pola makan.

  1. Hindari makanan pemicu heartburn

Beberapa makanan yang bisa memicu heartburn di antaranya adalah gorengan, saus tomat, cokelat, daun mint, bawang putih, dan bawang merah. Sementara itu untuk minuman adalah alkohol dan juga kafein.

  1. Hindari makan dalam porsi besar

Selapar apa pun kalian, disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Hal ini lebih baik dibanding memaksa perut bekerja lebih keras dengan mengonsumsi makanan dalam porsi besar.

  1. Setelah makan jangan langsung berbaring

Pastinya, setelah makan dan perut kenyang, yang selanjutnya akan kita rasakan adalah rasa kantuk. Namun demikian, jangan ikuti godaan ini, ya. Tidur setelah makan malah akan memperparah kondisi kesehatan kita dan membuat asam lambung naik. Disarankan menunggu tiga jam baru boleh berbaring setelah makan.

  1. Jangan mengenakan celana atau rok yang memiliki karet ketat

Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun cukup berpengaruh. Ketika kita mengenakan rok atau celana yang bermodel seperti ini, karetnya akan menekan area pinggang dan lambung serta sfingter esofagus bagian bawah. Lagipula, bawahan yang seperti ini juga tidak nyaman saat dikenakan, bukan?

  1. Berhenti merokok

Untuk kalian yang punya kebiasaan merokok, hentikan kebiasaan ini, ya. Merokok bisa memengaruhi spingter esofagus bagian bawah sehingga bisa mengganggu kinerjanya secara keseluruhan.

Nah, ternyata hal-hal sederhana seperti di atas bisa membantu mengurangi kenaikan asam lambung, ya. Silakan diterapkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *