5 Tips Meningkatkan Daya Tubuh Saat Hamil

Agar kesehatan janin tetap terjaga, tentu sang ibu juga perlu mengutamakan kondisi tubuhnya sendiri. Jika jatuh sakit, bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan asupan janin? Oleh sebab itu, Anda perlu memelihara daya tahan tubuh dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

jaga daya tahan tubuh saat hamil

jaga daya tahan tubuh saat hamil

  • Memenuhi kebutuhan Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah sebabanya, cukup banyak orang yang memiliki banyak aktivitas, rajin mengonsumsi suplemen vitamin C agar terhindar dari penyakit. Termasuk juga pada ibu hamil, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ataupun mengonsumsi Holisticare, suplemen yang bisa dijadikan sumber vitamin untuk ibu hamil, merupakan cara efektif untuk menjaga daya tahan tubuh. Hanya saja, tetap perhatikan dosis vitamin C yang dikonsumsi, ya! Sebab, konsumsi vitamin C yang berlebihan pada ibu hamil bisa berbahaya.

  • Menyempatkan Waktu untuk Relaksasi

Eits, jangan mengira kalau kondisi mental Anda tidak memengaruhi kesehatan tubuh, lho. Pasalnya jika Anda stres, daya tahan tubuh juga bisa menurun. Hal ini dikarenakan tubuh Anda akan memproduksi hormon stres seperti glukokortikoid dan kortisol yang dapat menghambat produksi antibodi. Karenanya, Anda harus pandai-pandai mengelola stres saat hamil. Jika merasa jenuh atau mengalami suatu masalah, jangan dipendam tapi bicarakanlah dengan orang terdekat.

  • Istirahat dengan Cukup

Saat hamil, mungkin tubuh Anda lebih cepat merasa lelah. Nah, karena itu jangan lakukan kegiatan yang membuat Anda terlalu lelah. Tidak hanya pada wanita hamil, kelelahan memang bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Jadi, buat Anda yang biasa melakukan banyak aktivitas, coba kurangi pada saat kehamilan agar Anda bisa memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup.

  • Penuhi Kebutuhan Gizi dan Vitamin

Sudah suatu kewajiban bagi ibu hamil untuk mengatur pola makannya. Cukupilah kebutuhan asam folat, vitamin C, zat besi,  DHA, FOS. Masing-masing zat tersebut memiliki peran masing-masing untuk menjaga kekebalan tubuh yang bisa Anda dapatkan dari makanan, minuman ataupun suplemen tambahan.

  • Olaharaga Sesuai Kebutuhan

Meskipun tidak boleh kelelahan, ibu hamil tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga. Olahraganya pun harus dilakukan sesuai dengan ketentuan dan tidak boleh terlalu berat. Beberapa jenis olahraga seperti yoga, senam, berjalan, berenang dan lain-lainnya bisa menjadi pilihan Anda asalkan dilakukan dengan tepat.

  • Vaksinasi

Vaksinasi ibu hamil dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Diharapkan dengan mendapatakan vaksinasi, ibu hamil dan janin dapat terhindari dari virus-virus yang mengancam kesehatan. Namun sebelum mengikuti vaksinasi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Anda.

Itu tadi 5 tips meningkatkan daya tubuh selama masa kehamilan, semoga bermanfaat Moms! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *