5 Keuntungan Menggunakan Teknologi Cloud Computing

Sudah mengenal cloud computing? Cloud computing adalah gabungan dari teknologi yang memanfaatkan internet sebagai pusat atau server untuk mengelola data dan aplikasi.  Jenis-jenis cloud yang umum digunakan adalah public cloud, private cloud, dan juga hybrid cloud. Seharusnya kita sudah familiar dengan penggunaan cloud computing karena smartphone yang sering kita gunakan biasanya dapat mengakses cloud computing. Lantas, apa sih keuntungan dari menggunakan cloud computing? Simak penjelasannya berikut ini.

Cloud computing

Cloud computing

  • Memudahkan Penyimpanan Data

Dengan teknologi cloud, data yang kita simpan akan berpusat dalam satu server layanan. Selain itu, semuanya tersedia secara virtual, sehingga kamu hanya perlu memilih salah satu dari 3 jenis layanan dalam cloud computing dan kita juga tidak perlu repot menyediakan infrastruktur seperti data center, storage, dan lainnya. Contoh simpelnya, kita tidak perlu repot-repot membeli flashdisk untuk menyimpan data seperti musik atau film karena data tersebut telah tersimpan secara virtual di cloud.

  • Dapat Menyimpan Lebih Banyak Data

Selain dapat menyimpan data secara terpusat, cloud computing juga memiliki skalabilitas yang tinggi. Jadi, kita dapat meningkatkan kapasitas data tanpa membeli hardware tambahan seperti hardisk, misalnya.

  • Memiliki Fleksibilitas yang Tinggi

Dengan cloud computing, kita juga bisa mengakses data dan aplikasi dengan mudah dimanapun dan kapanpun asalkan tersedia jaringan internet. Hal ini sangat membantu kita yang seringkali lupa membawa data penting saat diperlukan untuk meeting, misalnya.

  • Data Lebih Aman

Sudah lebih mudah dan praktis, keamanan data juga lebih terjamin pada cloud computing. Sebab penyedia layanan cloud biasanya memberikan jaminan seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan lain-lain.

  • Hemat Biaya

Meskipun untuk menggunakan komputasi berbasis cloud kita harus membayar internet atau layanan dari penyedia, namun kita bisa menghemat biaya. Contohnya seperti biaya infrastrukur seperti data center, storage, atau hardisk karena semuanya dilakukan secara virtual. Selain itu, teknologi cloud juga dapat mengatasi tingginya anggaran investasi IT dan rencana pemulihan bencana secara signifikan pada kebanyakan pengembang bisnis.

Nah, dengan adanya cloud computing kita bisa merasakan berbagai macam manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga teknologi ini dapat dimanfaatkan secara bijak untuk menambah kreativitas dan produktivitas. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *