4 Fakta Unik yang Tersimpan di Tembok Berlin

Pada saat Anda berkunjung ke kota Berlin bersama mobil Mitsubishi Outlander Sport, maka sudah bisa dipastikan Anda tidak akan lupa mengunjungi tembok Berlin, ya kan? Tembok Berlin yang dijadikan sebuah ikon dari kota Berlin ini, memang mankjubkan. Bagaimana tidak, tembok yang dulunya dijadikan sebagai pemisah antara Jerman Timur dan Jerman Barat, sekarang dijadikan sebagai sebuah galeri seni terbuka yang bisa dilihat dan dinikmati oleh pengunjung. Namun, selain menyimpan cerita sedih perpisahan masa lalu, ternyata tembok Berlin menyimpan keunikan yang mungkin banyak orang belum mengetahui.

Apakah keunikan yang disimpan oleh reruntuhan tembok tersebut? Langsung saja disimak di bawah ini:

Reruntuhan tembok Berlin

Reruntuhan tembok Berlin

Salahnya pemberitahuan

Hal yang paling unik yang terjadi di tembok Berlin yaitu saat anggota Politbiro dari Jerman Timur yang bernama Guenther Schabowski salah mengumumkan pemberitahuan. Ia mengumungkan, Jerman Timur diizinkan melintasi Jerman Barat. Padahal sebenarnya pada saat itu Jerman Timur belum boleh melintasi Jerman Barat.

Sisa Tembok Berlin tersebar di seluruh dunia

Ternyata, setelah dirubuhkan pada tahun 1989, sisa runtuhan tembok malah tersebar di seluruh dunia dan di tempat yang mungkin tidak kamu sangka sebelumnya. Contohnya saja sisa runtuhan tembok terdapat di sebuah toilet pria di kasino Las Vegas, di taman Vatikan City, dan beberapa tempat lainnya.

Presiden Amerika Serikat dan Tembok Berlin

Apa yang membuat presiden Amerika Serikat berkaitan dengan tembok Berlin? Menurut Berlin Wall Memorial, presiden Kennedy berkata di dalam pidatonya bahwa, jika kota Jerman Timur dan Jerman Barat bersatu maka kota Berlin pun mampu membantu dunia memahami perpecahan yang terjadi antara partai komunis dan non komunis. Selain itu, presiden Barack Obama juga pernah mengatakan bahwa ideologi negara Jerman sangatlah penting.

Konser musik

Sebelum runtuhnya tembok Berlin, sebuah konser musik ‘Bruce Springsteen’ yang sangat mewah dan megah di gelar di sekitaran tembok tersebut. Bahkan, acara konser musik yang digelar tersebut, digadang-gadang sebagai penyebab runtuhnya tembok itu. Kabar ini bahkan dibenarkan oleh CBC.

Nah, itulah beberapa fakta unik yang tersimpan di tembok Berlin. Menarik bukan? –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *