3 Petunjuk Penting Terkait Pembayaran Kartu Kredit

Terutama bagi kamu yang baru pertama kali punya kartu kredit, bisa jadi beberapa hal penting terkait pembayaran kartu kredit cukup bikin bingung. Ketakutan paling dirasakan adalah jangan sampai melewati tanggal jatuh tempo. Bisa-bisa kena bunga. Sayang sekali, bukan?

Tak perlu bingung, kartu kredit tidaklah ribet. Yuk, ikuti petunjuk penting berikut terkait kartu kredit dan cara pembayarannya. Berikut beberapa hal penting yang bisa kamu ingat!

3 Hal Penting untuk Pembayaran Kartu Kredit

  1. Waktu pembayaran 

    Jangan sampai salah tanggal dan nominal tagihan

    Jangan sampai salah tanggal dan nominal tagihan

Tentu saja yang pertama kali harus kamu benar-benar ingat adalah tanggal jatuh tempo pembayaran. Jikalau melewati tanggal tersebut, tagihan kamu akan dikenakan bunga. Jadi, pastikan untuk tidak terlewat, ya! Oh ya, ada beberapa kartu kredit yang pembayarannya baru akan sampai dalam waktu 2 sampai 3 hari. Apalagi kalau kamu melakukan pembayaran via transfer dari bank lain. Jadi, ada baiknya untuk lakukan pembayaran melalui rekening yang sama agar dana cepat sampai.

Contohnya, kalau kamu gunakan kartu kredit BNI maka lakukan pembayaran melalui channel BNI seperti BNI Internet Banking, mobile banking ataupun ATM BNI.

  1. Nominal pembayaran

Yang kedua harus kamu pastikan adalah nominal pembayaran. Sebisa mungkin bayarlah tagihan secara penuh, bukan minimum. Minimum payment hanya akan menyelamatkan kamu dari biaya keterlambatan tetapi tidak dari bunga. Jadi, apabila tidak ada halangan – bayar secara penuh.

Sebagai informasi juga, beberapa bank juga menyediakan fitur Fixed Installment. Fitur ini memberikan keleluasan bagi kamu untuk mengubah total tagihan menjadi cicilan dengan suku bunga tetap. Sila tanyakan ke pihak bank terkait untuk informasi ini.

  1. Mekanisme pembayaran kartu kredit

Untuk mekanisme pembayaran sendiri, sebagaimana telah disinggung di poin awal, kamu bisa gunakan beberapa channel.

Kamu dapat datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. Namun, cara ini kurang efektif zaman sekarang. Kamu harus antri dan buang cukup banyak waktu. Cara kedua, kamu bisa gunakan beberapa layanan bank seperti ATM, SMS Banking, mobile banking ataupun Internet Banking. Cara ini sangat mudah! Khususnya Internet Banking, kamu hanya perlu koneksi Internet dan device serta tentu saja token. Misalnya, kamu pengguna kartu kredit BNI dan Internet Banking dari BNI maka kamu bisa akses laman ibank BNI di https://ibank.bni.co.id. Bahkan, kamu bisa mengakses e-statement via Internet Banking dan e-mail dan kamu tak akan dikenakan biaya cetak tagihan. Kamu pun dapat melihat daftar pengeluaran kamu yang menggunakan kartu kredit tanpa harus menunggu tagihan dikirimkan. Makin praktis, bukan?

BNI internet banking yang memudahkan

BNI internet banking yang memudahkan

Oh ya, kamu pun dapat menggunakan metode auto-debet dimana tabungan dalam rekening otomatis dipotong saat tagihan dikirimkan.

Jadi, mulai dari sekarang manfaatkan teknologi terkini untuk melakukan pembayaran kartu kredit. Semakin mudah dan kamu pun tak melewatkan tanggal jatuh tempo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *