Waspada Masalah Kulit yang Umum Dialami Remaja

Punya kulit yang kering pasti akan membuat tampilanmu menjadi tidak menarik. Untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan pelembab untuk mencerahkan wajah remaja yang diformulasi khusus menyesuaikan kebutuhan kulit usia remaja. Namun, kulit kering bukan satu-satunya masalah yang umum menyerang seorang remaja. Masih ada beberapa masalah kulit lain yang harus diketahui dan juga dihindari olehmu agar kulit selalu terlihat bersih, sehat, dan menarik. Di antaranya yaitu:

  • Jerawat

Semua orang pasti pernah mengalami hal ini, baik laki-laki maupun perempuan. Terkadang ukurannya kecil, tetapi kadang juga besar dan terasa sedikit sakit. Tidak hanya itu, jerawat ini juga kadang muncul di area yang sulit ditutupi sehingga mengganggu penampilanmu. Benar tidak?

Jerawat sebenarnya adalah hal biasa yang terjadi akibat adanya lonjakan hormon androgen sehingga kelenjar minyak menjadi lebih aktif dan menghasilkan terlalu banyak sebum. Jerawat bisa dicegah dengan menggunakan lotion khusus anti jerawat dan juga menjaga kebersihan kulitmu. Tidak hanya wajah saja, tetapi seluruh tubuh karena jerawat bisa muncul di mana saja.

masalah kulit remaja

masalah kulit remaja

  • Kulit berminyak

Kebalikan dari kulit kering, beberapa remaja justru mengalami masalah kulit berminyak sehingga wajahnya terlihat seperti mengilap. Penyebabnya sama seperti poin pertama, tetapi yang harus diingat tidak semua orang dengan kulit berminyak pasti mengalami jerawat.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa menggunakan pembersih wajah dan juga pelembap yang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak. Sebab biasanya perawatan kulit tersebut akan memiliki kandungan yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih.

  • Komedo

Komedo adalah masalah kulit berupa bintik hitam atau putih yang umumnya ada di area hidung. Meskipun ukurannya sangat kecil, tetapi keberadaannya tetap bisa sangat mengganggu penampilanmu.

Untuk mengatasinya, kamu harus rutin mencuci wajah dengan pembersih yang mengandung asam salisilat. Sebab kandungan tersebut dapat menghancurkan minyak juga sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit wajahmu. Dalam kondisi yang cukup parah, kamu bisa meminta bantuan profesional untuk melakukan pencabutan atau ekstaksi komedo.

  • Kulit kemerahan

Kulit kemerahan umumnya muncul akibat adanya peradangan yang terjadi pada kulit. Misalnya ketika kamu menggunakan kosmetik atau produk perawatan yang tidak sesuai dengan kulitmu. Atau, terpapar sinar matahari yang bisa membahayakan kesehatan kulit wajahmu dan kamu tidak menggunakan sunscreen saat keluar rumah. Padahal, menggunakan sunscreen sangat bermanfaat untuk wajah. Salah satunya dapat menghindari kulit kemerahan.

Untuk itu, jangan sampai tidak menggunakan pelembap ataupun sunsreen jika keluar rumah, ya, agar kulit wajahmu tidak kemerahan.

Masalah pada kulit remaja, sekecil apapun akan memengaruhi penampilanmu. Itulah sebabnya kamu harus sangat memerhatikannya. Intinya adalah jaga kebersihan kulitmu dan gunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *