3 Tips untuk Hindari Tabrakan di Area Parkir

Tahukah Anda jika kecelakaan kecil seperti tabrakan cukup sering terjadi di area parkir? Mengutip situs StateFarm, 20% kecelakaan kendaraan beroda empat terjadi di tempat parkir. Meski musibah kecil ini sering kali tidak menimbulkan kerusakan yang parah, namun jangan sampai mobil yang baru Anda beli dengan fasilitas kredit mobil bekas di Mocil.id mengalami hal serupa, ya.

Untuk itu, simak 3 tips memarkir kendaraan yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kejadian seperti di atas berikut:

menghindari tabrakan di tempat parkir

menghindari tabrakan di tempat parkir

  1. Kendalikan laju kendaraan

Area parkir seperti gedung umumnya memiliki luas yang terbatas. Celah sempit inilah yang lazimnya membuat area parkir gedung terasa penuh dengan rintangan. Padahal, bahaya paling besar yang mungkin Anda temui di area parkir gedung adalah pengemudi kendaraan lain. Ya, dilansir dari laman StateFarm, kemungkinan pengemudi lain memotong jalur Anda, berkendara terlalu cepat, atau mengabaikan marka trotoar cukuplah tinggi. Oleh sebab itu, perlambatlah laju kendaraan Anda ketika hendak memarkir mobil Anda di area ini. Dengan begitu, Anda bisa memperkecil risiko tabrakan dengan kendaraan lain.

  1. Perhatikan keselamatan pejalan kaki

Area parkir gedung sering kali memiliki pencahayaan yang temaram. Meski demikian, penting untuk Anda ingat bahwa keselamatan pejalan kaki—orang lain yang keluar dan masuk ke area parkir—adalah tanggung jawab Anda saat berkendara. Maka dari itu, lihatlah kanan dan kiri ketika hendak mencari spot parkir ataupun saat akan parkir.

  1. Atur jarak aman kendaraan

Area parkir umumnya sudah dilengkapi dengan marka atau garis putih yang berguna untuk menuntun Anda memosisikan kendaraan Anda. Jika Anda menemukan spot parkir dengan posisi kendaraan lain terlalu mepet dengan marka pembatas, maka tinggalkan saja spot itu dan cari tempat yang baru. Pasalnya, ruang sempit antara mobil Anda dan mobil lain akan mungkin membuat Anda kesulitan saat akan membuka pintu kendaraan Anda, atau malah menggoreskan daun pintu mobil Anda pada kendaraan tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mengatur jarak aman kendaraan Anda saat diparkir, ya.

Itulah dia 3 tips parkir yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa terhindar dari tabrakan atau kecelakaan kecil di area parkir. Hal lain yang bisa Anda terapkan yaitu, jika Anda merasa belum terlalu mahir parkir mundur, hindari memilih area parkir gedung apalagi yang bersisian dengan dinding pembatas. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan seperti mobil yang terjun bebas. Semoga kiat-kiat di atas bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *