Anak Harus Dirawat di Rumah Sakit, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Rumah adalah tempat yang paling nyaman. Sayangnya, ada berbagai hal yang terkadang membuat kita terpaksa tidak bisa tinggal di rumah, misalnya saat sakit dan harus di rawat di rumah sakit. Jika Anda yang sudah dewasa tiba-tiba harus menghadapi masalah ini, mungkin tidak masalah karena sudah memahami pentingnya dirawat untuk kesembuhan. Apalagi jika sudah dilindungi oleh asuransi kesehatan keluarga premi murah yang tidak hanya menanggung biaya rawat jalan saja, tetapi juga rawat inap sehingga tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya perawatan selama dirawat. Meskipun masih banyak orang yang mengabaikan hal ini terkait asuransi kesehatan karena merasa fasilitas rawat inap tidak begitu penting.

Namun, bagaimana jika anak-anak yang harus menghadapi situasi ini?

anak dirawat di rumah sakit

anak dirawat di rumah sakit

Bagi Anda sendiri sebagai orangtua, memiliki anak yang sakit dan tiba-tiba harus dirawat pasti menimbulkan rasa panik dan cemas. Padahal kondisi tersebut bisa semakin memperkerus suasana. Ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal berikut saat anak sakit dan harus dirawat:

  1. Beri pengertian pada anak

Anak mungkin belum mengerti mengapa mereka tidak boleh pulang dan harus menginap di rumah sakit. Maka sangat penting bagi Anda untuk memberikan pengertian padanya. Apalagi selama di rumah sakit anak harus mendapatkan dan melakukan berbagai rutinitas yang mungkin akan membuatnya sakit. Seperti harus diinfus, diberikan obat melalui infus secara berkala, mengonsumsi obat secara rutin, dan sebagainya. Anda harus bisa memberinya pengertian terkait semua hal tersebut dengan sabar. Termasuk jika penyakit anak membuatnya memiliki banyak pantangan makanan demi kesembuhannya.

  1. Selalu temani anak

Jangan pernah meninggalkan anak sendirian. Ajaklah pasangan Anda untuk bekerja sama menjaga anak bergantian. Jika pasangan Anda bekerja, maka tidak ada salahnya sesekali mengajukan cuti setidaknya satu hari untuk membantu Anda menjaga anak di rumah sakit. Jadi Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat sejenak atau mengambil berbagai keperluan lainnya di rumah. Jika Anda harus meninggalkannya sebentar hanya sekadar untuk membeli makan, maka pilihlah waktu yang bukan jadwal anak diberikan obat. Sebab pada waktu tersebut mungkin anak sangat membutuhkan kehadiran Anda. Apalagi jika obat yang dimasukkan cukup pekat dan menimbulkan rasa sakit.

  1. Berikan kegiatan pada anak

Saat dirawat di rumah sakit, anak pasti akan merasa bosan. Anda bisa membantunya menghilangkan rasa bosan dengan memberikan beberapa kegiatan. Misalnya saja buku mewarnai sehingga anak bisa memanfaatkan waktunya dengan kegiatan mewarnai. Atau, Anda juga bisa membawakannya mainan kesukaannya.

Anak yang sakit memang menjadi hal yang paling menyedihkan bagi orangtua, terlebih jika penyakitnya cukup parah sehingga membutuhkan perawatan yang intensif. Bahkan banyak orangtua yang berpikir bahwa lebih baik dirinya yang sakit dibandingkan anaknya. Namun, tidak ada yang bisa mengubah keadaan. Lebih baik jika orangtua fokus tentang bagaimana cara menyembuhkan anak Anda daripada berpikir hal yang tidak-tidak. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *