Ini Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan Nyepi di Bali

Bali merupakan salah satu destinasi andalan bisnis pariwisata di Indonesia. Setiap tahunnya, jutaan turis, baik dari dalam negeri maupun mancanegara memadati Bali untuk menikmati keindahannya. Berdasarkan data statistik dari Disparda Propinsi Bali, jumlah turis mancanegara pada tahun 2016 lalu saja mencapai 4,9 juta turis. Itu baru dari mancanegara saja, belum dari dalam negeri sendiri. Yang pasti, pariwisata di Bali dijamin tidak akan pernah sepi.

Nah, ngomong-ngomong soal liburan di Bali, ternyata sebagian orang menghindari berlibur di Bali pada saat Hari Raya Nyepi. Hal itu karena pada saat Nyepi, semua penduduk Bali tidak boleh melakukan kegiatan apapun dan berkeliaran di luar rumah. Dan itu juga berlaku bagi turis-turis di Bali untuk menghormati para penduduk. Tapi, sebenarnya liburan di Bali pada saat Nyepi justru wajib dicoba karena kapan lagi coba kamu bisa merasakan ketenangan dan terlepas dari hingar bingar kota. Apalagi, sebelum dan sesudah Nyepi biasanya akan ada beberapa upacara atau ritual budaya yang bisa kamu nikmati.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan atau persiapan saat liburan di Bali dan bertepatan dengan perayaan Nyepi, biar kamu tidak bete diam saja di kamarmu.

Ogoh-ogoh

festival Ogoh-ogoh di Bali (source:pinterest)

Mengikuti perayaan ritual Nyepi

Untuk memperingati Raya Nyepi biasanya umat Bali akan menggelar perayaan atau ritual keagamaan yang bisa kita nikmati.  Misalnya saja pada satu hari sebelum Nyepi yang disebut dengan Mecaru atau Tawur Kesanga, biasanya akan diadakan festival ogoh-ogoh. Yakni, arak-arakan patung raksana (ogoh-ogoh)  yang terbuat dari bubur kertas. Selain itu, warga Bali juga melaksanakan ritual melasti dengan tujuan membersihkan bend-benda yang sakral di sumber mata air seperti danau atau laut.

Kemudian, setelah Nyepi selesai, kamu bisa melihat tradisi Omed-omedan di Desa Sesetan, Denpasar. Di sini kamu bisa melihat muda-mudi saling berciuman secara bergantian. Ritual yang sudah dijalankan turun-menurun ini dipercaya dapat menolak bala.

Stok hiburan

Nah, biar kamu tidak merasa bete di kamar seharian, coba deh persiapkan keperluan hiburanmu. Misalnya download-an film-film baru yang bisa kamu tonton seharian atau musik dan buku bacaan. Sebaiknya, tonton atau dengarkan musik dengan menggunakan earphone agar tidak menganggu sekitar ya.

Ikut paket nyepi di hotel

Beberapa hotel menyediakan paket khusus Nyepi untuk para turis yang bingung mau melakukan apa saat Nyepi. Paket ini biasanya berisi beragam kegiatan seperti yoga dan sebagainya. Kamu pun bisa mendapatkan harga paket yang relatif murah. Perlu diingat, kebanyakan hotel tidak menerima check-in dan check-up pada saat Nyepi, jadi sebaiknya booking hotelmu sebelumnya ya.

Menikmati gugusan bintang

Pada saat Nyepi, penduduk Bali juga dilarang menyalakan lampu di malam hari. Walhasil, kamu bisa menyaksikan gugusan bintang di langit Bali dengan mata telanjang. Benar-benar pemandangan yang tidak akan kamu bisa dapatkan di kota besar dengan lampu-lampu yang menyala di malam hari.

So, tidak ada alasan untuk melewatkan liburan di Bali karena Nyepi kan? (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *