Waterfasting: Dare to Try?

Menjaga kesehatan penting bagi masyarakat untuk menjaga kualitas tubuh hingga usia senja. Selain kesehatan fisik, jangan lupa juga untuk selalu memerhatikan kesehatan mental. Jangan malas untuk memeriksakan kesehatan mental karena hal ini sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Konsumsi makanan bergizi, suplemen kesehatan, olahraga rutin, bahkan memiliki asuransi kesehatan terbaik bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, baik secara fisik dan mental.

water fasting

water fasting

Namun, bagaimana cara menjaga kesehatan, tentu kembali lagi kepada orang yang melakukannya. Sebab, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Selain melakukan cara-cara yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menerapkan pola makan yang sehat atau diet sehat. Dengan melakukan diet yang tepat, tubuh bisa bekerja dengan lebih baik. Sedangkan jika tubuh sehat, kesehatan mental pun akan lebih mudah dicapai.

Salah satu diet yang cukup nge-trend di kalangan masyarakat saat ini adalah water fasting. Apakah kamu tahu mengenai puasa air atau water fasting? Puasa air ini adalah cara yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi untuk membersihkan tubuh dari zat-zat tidak baik di dalam tubuh.

Dalam artikel yang diulas health.detik.com, Gandhi percaya puasa air dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan hanya mengkonsumsi air tanpa asupan lain. Cara dari puasa air ini adalah hanya dengan meminum air selama rentan waktu tertentu. Cara ini membuat tubuh dalam keadaan ‘istirahat’ dan tidak merusak tubuh dengan makanan-makanan yang masuk kedalam mulut.

Beberapa dari orang yang mencoba cara puasa air ini mengalami perubahan yang signifikan dalam dirinya. Mereka mengaku lebih merasa sehat dan bugar karena tubuh mengalami detoksifikasi. Lemak dan zat-zat ‘jahat’ akan terurai saat melakukan puasa air ini. Menurut dari channel Youtube ArwayneColomaTV, ia melakukan percobaan puasa air ini dengan hasil menurunkan berat badannya sebanyak 32 KG (dari 95 kg hingga mencapai 63 kg).

Apakah ini berbahaya? Hal ini masih menjadi perdebatan dalam dunia medis. Dalam artikel health.detik.com, Dr. Angela pernah mengatakan bahwa puasa air yang dilakukan Ghandi merupakan contoh bahwa air adalah media yang bisa mempertahankan dan memperbaiki sistem metabolisme secara alami. Artikel tersebut juga menyebutkan beberapa manfaat dari puasa ini.

Akan tetapi, banyak juga hasil penelitian yang menyatakan bahwa waterfasting termasuk diet ekstrem yang tidak disarankan untuk dilakukan. Lalu, bagaimanakah sebaiknya? Jika Anda memang merasa ingin mencobanya, ada baiknya jika Anda lebih aware terhadap kondisi tubuh Anda. Segera hentikan puasa ini jika merasa adanya keluhan dan pastikan untuk konsultasikan pada dokter sebelum melakukan puasa ini. (VK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *