Waspada Penyebab Kebakaran Mobil Berikut Ini

Punya mobil jangan hanya tahu cara menggunakannya saja. Kamu juga harus tahu bagaimana cara perawatannya. Seperti kapan harus ganti oli mobil, memilih oli yang tepat untuk mobil, bahan bakar yang sesuai, dan sebagainya. Sebab perawatan mobil yang diabaikan bisa menyebabkan mesin mengalami kerusakan lebih cepat. Parahnya lagi, bisa menyebabkan mobil terbakar.

Wah, mengerikan sekali bukan?

Nah agar kamu tidak mengalaminya ada baiknya jika kamu mengetahui berbagai penyebab mobil terbakar sehingga bisa lebih memerhatikannya saat melakukan servis rutin, yaitu:

mobil terbakar

mobil terbakar

  • Overheat

Pada saat mobil mengalami overheat maka suhu pada mesin mobil akan meningkat drastis bergantung pada tingkat keparahan. Jika tidak segera diatasi, maka risikonya berbagai cairan yang ada pada mesin mobil akan mendidih dan bisa menyembur ke luar. Padahal beberapa cairan tersebut memiliki sifat yang mudah terbakar sehingga akan berpotensi menimbulkan api

Namun jangan khawatir mobil akan langsung terbakar saat mengalami overheat karena untuk mencapai hal tersebut membutuhkan proses yang panjang. Asal kamu langsung membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan saat level suhu berada di atas normal maka hal tersebut tidak akan terjadi.

  • Korsleting listrik

Sama seperti pada rumah, ketika sistem kelistrikan mengalami korsleting juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Hal ini bisa terjadi pada mobil apa saja jika sistem kelistrikan tidak pernah dicek saat melakukan servis rutin. Terutama pada mobil yang telah mengalami modifikasi pada sistem kelistrikannya. Misalnya untuk pemasangan lampu tambahan, audio khusus, dan sebagainya.

  • Kebocoran

Pada dasarnya kebakaran yang terjadi karena kebocoran mirip seperti poin pertama. Kebocoran menyebabkan cairan pada mobil mengalir ke luar. Seandainya cairan ini kemudian bertemu dengan pemicu atau sumber panas maka risiko mobil terbakar akan semakin tinggi.

Penyebab lainnya yaitu karena human error dan biasanya berkaitan dengan kebiasaan merokok di mobil. Misalnya kamu lupa mematikan rokok dan membiarkannya tetap menyala di mobil, atau merokok di dekat mobil dan membuangnya sembarangan tanpa sadar adanya kebocoran bahan bakar dari tangki bensin mobilmu.

Namun, semua penyebab terjadinya kebakaran di atas dapat diminimalis jika kamu tidak mengabaikannya saat melakukan servis rutin. Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *