Waspada Banjir, Lindungi Rumah dengan Cara Ini

Cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini perlu kita waspadai. Cuaca buruk bisa datang kapan saja dan menimbulkan bencana yang merusak rumah. Salah satu bencana yang paling mungkin terjadi di daerah perkotaan seperti Jakarta adalah banjir. Tanpa asuransi harta benda, risiko kerusakan rumah dan benda-benda yang kita miliki akan semakin besar. Nah, jika tidak mau menanggung kerugian besar akibat bencana banjir, sebaiknya kita mendaftar asuransi dan mempersiapkan hal-hal berikut ini.

Lindungin rumah dari banjir

Lindungi rumah dari banjir

  1. Memindahkan Barang

Hal paling umum yang dilakukan di rumah untuk mencegah kerusakan akibat banjir adalah memindahkan barang. Pindahkanlah barang-barang yang tidak tahan air, seperti elektronik, dokumen penting, dan perabotan lainnya ke tempat yang lebih tinggi. Beruntung jika kita memiliki rumah bertingkat dua. Kita bisa memindahkan barang-barang penting ke lantai atas, namun buat kalian yang tidak memiliki rumah tingkat, kalian bisa memindahkan barang-barang ke atas lemari atau meja yang lebih tinggi.

  1. Membersihkan Saluran Air

Lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah tersebut memang benar adanya. Lebih baik kita mencegah banjir daripada memperbaiki dampak kerusakannya. Untuk mencegah banjir, kita bisa bekerja sama dengan warga sekitar untuk membersihkan saluran air atau parit dan mengumpulkan sampah yang bisa menjadi faktor pendukung banjir.

  1. Amankan Mobil

Sebelum air terlalu tinggi, kita perlu mengamankan kendaraan supaya tidak rusak karena banjIr. Jangan memakirnya di jalanan depan rumah, pindahkan ke garasi atau tempat tinggi yang tidak rawan banjir.

  1. Membuat Pembatas

Supaya air tidak masuk ke rumah dan merusak benda-benda di dalamnya, sebaiknya kita membuat pembatas antara rumah dan jalanan. Kita bisa memasang karung berisi pasir atau tembok batako sementara untuk melindungi rumah dari air. Akan lebih baik lagi jika rumah kita memiliki paving block berumput yang dapat menyerap air. Sebab salah satu alasan terjadi banjir adalah kurangnya area resapan.

  1. Hewan Peliharaan

Untuk kita yang memiliki hewan peliharaan, sebaiknya lebih sigap dan cekatan untuk menangani masalah banjir. Kita bisa menitipkan hewan peliharaan ke petshop yang aman dari banjir atau jika perlu mengungsi ke rumah teman atau hotel terdekat yang membolehkan untuk membawa hewan peliharaan.

Selain waspada terhadap banjir, patut pula bagi Anda untuk selalu waspada terhadap beberapa penyebab kebakaran yang bisa menghanguskan semua harta benda yang terdapat di dalam rumah. Semoga rumah kita aman dari bencana apapun, namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *