Waspada, Agen Properti Nakal yang Bisa Merugikan Anda!

Menjual rumah dengan bantuan agen properti Indonesia memang mudah, namun sebagai pemilik rumah Anda disarankan untuk selalu berhati-hati. Mengapa? Yap, ini dilakukan untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi tindak penipuan yang mungkin saja dilakukan oleh agen properti. Kalau begini, bukannya untung yang Anda dapat malah bisa merugi, bukan? Untuk itu, sebagai penjual yang mengandalkan agen properti, alangkah baiknya perhatikan dulu beberapa hal penting berikut ini agar tidak tertipu, check it out: (source: ekonomi kompas)

agen properti

agen properti

  1. Membeli rumah ketika rumah tidak terjual. Beberapa agen properti biasanya ada saja yang mengiming-imingi akan membeli rumah pada saat rumah tersebut tidak laku terjual dalam jangka waktu lama. Sebagai pemilik, berhati-hatilah dengan trik ini karena biasanya pihak agen melakukan cara ini untuk menarik hati agar Anda mau bekerjasama dengannya. Padahal, ini malah bisa merugikan Anda terlebih kalau sedang membutuhkan dana cepat. Karena itulah jangan langsung tergiur dengan iming-iming tersebut, ya.
  2. Mengatur sendiri harga jual rumah. Anda yang memiliki rumah tentu Anda pulalah yang menentukan berapa harga jual rumah tersebut, bukan? Namun, jika ada agen properti yang menawarkan mengatur sendiri harga jual maka sebaiknya perlu diwaspadai. Haruskah? Tentu harus, karena di kemudian hari ini bisa merugikan Anda, apalagi kalau harga pasaran rumah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan harga yang Anda dapat dari agen properti.
  3. Memberi janji-janji yang sulit didapat. Tidak sedikit agen properti yang hanya memberi harapan dan janji-janji kepada pemilik rumah. Mereka menawari kalau nanti rumah bisa dijual dengan harga tinggi dan penjualan bisa dilakukan dengan sangat cepat. Namun, kenyataannya, tidak semua properti bisa dijual dengan harga tinggi apalagi kalau properti yang dijual tidak baru lagi. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak langsung menyetujui hal tersebut.
  4. Melakukan kerjasama dengan agen terkenal. Bekerjasama dengan agen terkenal memang akan semakin memudahkan Anda menjual rumah, namun sayangnya semakin terkenal agen properti tentu semakin banyak pula properti yang dipegangnya. Syukur-syukur rumah Anda masuk dalam list penjualannya, kalau tidak tentu nanti rumah Anda malah tidak laku terjual.

So, selalu berhati-hati saat ingin bekerjasama dengan agen properti, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *