Ini Dia Beberapa Tujuan Dilakukannya Penilaian Kerja

Bekerja di sebuah perusahaan tentu saja sebagai karyawan Anda harus selalu mematuhi semua peraturan yang diberlakukan oleh perusahaan. Jika tidak dipatuhi, tentu saja akan berdampak pada penilaian kerja Anda nantinya. Seperti diketahui, setiap atasan maupun perusahaan tentunya memiliki penilaian sendiri terhadap seluruh karyawannya. Biasanya, penilaian yang diberikan pun ada yang dilakukan manual bahkan adapula yang memanfaatkan virtual reality assessment Indonesia agar semakin memudahkan dalam memberi penilaian.

penilaian kerja

penilaian kerja

Lalu, apa sih sebenarnya tujuan dilakukannya penilaian kerja terhadap karyawan? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini, cekidot! (source: sarjanaekonomi.co.id)

  1. Menganalisa bagaimana kemampuan seorang karyawan secara individual.
  2. Melakukan peninjauan ulang terhadap kinerja karyawan yang sudah dilakukannya.
  3. Mendapatkan data untuk menetapkan sistem pengupahan pada karyawan sekaligus melihat apakah upah yang diberikan sudah sesuai dengan kontribusi yang diberikan.
  4. Membantu perusahaan dalam mengukur serta mengawasi secara lebih akurat terkait biaya yang digunakan oleh perusahaan.
  5. Mengidentifikasi apakah seorang karyawan membutuhkan pelatihan agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.
  6. Meminimalisir keluhan yang diberikan karyawan yang mana bisa berdampak pada karyawan lain contohnya saja banyak karyawan resign. Dengan adanya penilaian, tentu karyawan akan merasa lebih diperhatikan dan dihargai kinerjanya oleh perusahaan maupun atasan.
  7. Memperjelas tugas utama, tanggung jawab, serta wewenang karyawan di dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Jika dilaksanakan dengan baik dan sudah sesuai aturan tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perusahaan sekaligus karyawan itu sendiri. Di samping itu, dapat pula membantu menghindari terjadinya overlaping dalam pemberian tugas ataupun pekerjaan kepada karyawan.
  8. Menjadi acuan bagi perusahaan untuk mempromosikan, memindahkan, meningkatkan kualitas dari karyawan. Bahkan, adanya penilaian bisa menjadi tolak ukur apakah karyawan tersebut bisa dipertahankan atau dikeluarkan dari perusahaan.
  9. Mendapatkan keadilan atas pemberian upah maupun gaji yang diberikan kepada karyawan dari perusahaan.
  10. Menyusun sasaran kerja di masa yang akan datang sekaligus melihat bagaimana prestasi kerja karyawan.

Itu dia tujuan-tujuan diberlakukannya penilaian kerja. Tentu, dengan adanya penilaian ini akan memberikan dampak positif, baik terhadap karyawan maupun perusahaan.

Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *