Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Terbaik

Untuk menjadi seorang pemain bulu tangkis yang handal, berlatih saja tidak cukup. Kamu juga harus didukung dengan semangat atau tekad yang kuat, serta peralatan terbaik yang bisa mendukung permainanmu. Misalnya saja dengan memilih raket terbaik dan tepat. Memilih raket  bulu tangkis yang tepat sangat penting, karena salah memilih raket bisa sangat berpengaruh pada performa pertandinganmu.

Memilih Raket Bulu Tangkis Terbaik

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk memilih raket bulu tangkis terbaik? Berikut ini beberapa di antaranya:

memilih raket bulu tangkis

memilih raket bulu tangkis

Berat Raket

Raket badminton memiliki berat yang beragam. Berat pada raket ini ditandai dengan kode “U” yang terbagi menjadi 5 jenis. Semakin rendah nilai U yang tertera, maka artinya semakin berat raket tersebut. Perbedaan berat pada raket ini sangat berpengaruh pada permainan. Misalnya saja raket yang lebih berat memiliki power yang kuat dan cocok bagi mereka yang memiliki pergelangan tangan yang kuat. Namun raket ini biasanya tidak memiliki kontrol bola yang kuat. Sementara raket yang lebih ringan baik dalam mengontrol bila namun kurang memiliki power.

Berikut 5 jenis berat raket badminton, mulai dari yang ter-ringan hingga terberat:

  • 5U : 75-79 gram
  • 4U : 80-84 gram
  • 3U : 85-89 gram
  • 2U : 90-94 gram
  • U : 95-99 gram

Bentuk Frame

Ada dua jenis bentuk kepala atau frame yang biasa digunakan pada raket bulu tangkis, yakni frame konvensional yang berbentuk oval, serta frame isometric yang bentuknya mendekati persegi. Perbedaan bentuk ini berpengaruh pada pukulan yang dihasilkan.

Bahan/material Raket

Untuk performa yang baik, sebaiknya pilihlah raket yang terbuat dari bahan atau metarial yang baik pula, misalnya saja carbon-fiber. Raket dengan bahan carbon-fiber biasanya ringan dan aerodinamik, serta tidak mudah berkarat, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ini tentunya juga akan sangat membantu keuanganmu, bukan?

Kelenturan raket

Raket dengan batang kaku atau lentur (fleksibel) memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya saja, raket dengan gagang kaku biasanya bagus digunakan untuk serangan, namun karena pantulannya yang kurang kuat, maka raket ini membutuhkan ayunan yang lebih kuat dari pergelangan tangan. Sementara raket dengan gagang yang lebih lentur menghasilkan pantulan yang baik, sehingga tepat digunakan untuk mengantisipasi smash dari lawan. Namun, kurang cepat dalam memgembalikan bola. Raket ini cocok digunakan untuk mereka yang masih pemula dalam bermain.

Ukuran  gagang raket

Pililah raket dengan ukuran diameter gagang raket yang sesuai dengan ukuran tangan. Pastikan pegangan tanganmu nyaman dan mantap saat menggunakannya.

Gaya Permainan

Bagaimana gaya permainan bulu tangkismu ternyata sangat berpengaruh dalam pemilihan raket. Beda gaya bermain beda pula raket yang cocok digunakan. Misalnya saja untuk kamu yang cenderung memiliki gaya menyerang, maka pilihlah raket yang agak berat dan menghasilkan pukulan yang keras. Sementara untuk kamu yang leih senang bertahan, lebih cocok untuk menggunakan raket yang ringan sehingga mudah diayunkan untuk menghadapi serangan lawan. Terakhir, untuk gaya kombinasi menyerang dan bertahan, pilihlah raket dengan berat medium (3U) dengan tingkat fleksibilitas sedang.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan raket bulu tangkis terbaik dan tepat untukmu. Nah, kalau sudah memiliki raket terbaik, jangan lupa untuk menjaganya dengan baik, salah satunya adalah dengan menaruhnya di tas raket. Nah, untuk tas raket yang terbaik, langsung saja ke blibli.com yang jual tas raket flypower terbaru. Raketmu dijamin aman dari kotoran dan membantunya lebih awet! (RaW)

(RaW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *