Ingin Mudik Lebih Hemat? Begini Tipsnya!

Wah, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, waktu mudik pun terasa semakin dekat. Apakah ada yang sudah merencanakan mudik dari sekarang? Atau bahkan ada yang sudah beli asuransi perjalanan online? Ya, memang semakin awal mempersiapkan mudik, maka akan semakin baik. Mempersiapkannya secara lebih awal bisa membuat mudik menjadi lebih praktis, nyaman, bahkan hemat. Nah, ngomong-ngomong soal hemat, berikut ada tips yang bisa membuat perjalanan mudik menjadi lebih hemat. Penasaran? Langsung saja simak di bawah ini yuk!

Macet di perjalanan mudik

Macet di perjalanan mudik

  • Putuskan berapa lama waktu mudik

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah memutuskan berapa lama waktu kamu akan pergi. Jangan sampai kamu hanya mengira-ngira saja sehingga belum pasti kapan harus pulang dari kampung halaman. Dengan mengetahui secara pasti berapa lama waktu kamu mudik, kamu pun bisa menyesuaikan berapa budget yang perlu kamu bawa. Jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu juga dapat memesan tiket pulang dari jauh-jauh hari, sehingga harganya lebih ekonomis.

  • Tentukan transportasi yang digunakan

Kemudian, tentukan transportasi apa yang akan kamu gunakan. Jika pesawat terlalu mahal, maka kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti bus atau kereta, atau mungkin mobil pribadi. Akan tetapi, perhatikan juga kenyamanan saat traveling. Misalnya jika harga tiket kereta lebih murah tapi jarak yang ditempuh sangat jauh, cobalah pertimbangkan lagi. Sebab, hal ini bisa membuatmu menjadi tidak nyaman bahkan jatuh sakit karena kelelahan. Akibatnya, kamu justru tidak bisa menikmati mudik dan harus mengeluarkan biaya untuk berobat.

  • Strategi memesan tiket

Sebaiknya kamu memesan tiket dari jauh hari sebelum hari-H. Bahkan kalau memungkinkan kamu sudah membelinya dari sebelum bulan Ramadhan. Bukan hanya mempersiapkannya dari jauh hari, akan lebih baik lagi jika kamu memesan tiket pesawat, kereta, atau transportasi lain via online. Kenapa? Sebab beberapa aplikasi yang menjual tiket biasanya menyediakan promo, sehingga kamu pun dapat membelinya dengan harga yang lebih murah ketimbang membeli tiket langsung ke agen traveling.

  • Buat target keuangan

Sebelum mudik, buatlah catatan anggaran keuangan pribadi. Tentukan target pengeluaranmu saat mudik. Dengan adanya target, kamu bisa membatasi pengeluaran dan tidak tergiur untuk berbelanja dan memakai uang untuk hal-hal yang kurang diperlukan.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *