Baru Memiliki Mobil Truk Diesel? Perhatikan Hal-hal Ini dalam Merawatnya!

Baru saja melakukan kredit truk Mitsubishi untuk pertama kalinya demi kelancaran usaha bisnismu? Hal tersebut memang merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan. Setelah mobil sudah sah menjadi milikmu, langkah selanjutnya adalah pelajari cara merawatnya. Sebab, perawatannya berbeda dengan mobil bensin yang sering digunakan sebagai mobil keluarga.

Lalu, bagaimanakah cara merawatnya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

merawat mobil truk diesel

merawat mobil truk diesel

  1. Sebelum menggunakan, panaskan mobil terlebih dahulu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mobil diesel memang akan lebih baik jika kondisi mesinnya dalam keadaan panas. Namun, jangan terlalu lama dalam melakukannya karena asap pembuangan dari knalpot dapat berakibat buruk pada kesehatan.

  1. Perhatikan pemakaian solar

Gunakanlah solar yang memiliki kualitas terbaik meskipun harganya cenderung sedikit lebih mahal. Jangan lupa juga untuk memastikan solar tersebut memiliki kandungan sulfur yang rendang agar tarikan mesin menjadi lebih ringan dan suara mesin pun lebih halus. Selain itu, asap pembuangan dari knalpot juga akan lebih bersih dan tidak hitam.

  1. Rajin membersihkan filter udara

Udara yang bersih dipercaya dapat membaut proses bahan bakar menjadi sempurna dan persorma mesin menjadi lebih maksimal, serta dapat mengefisienkan penggunaan bahan bakar. Hal ini dikarenakan debu yang masuk ke dalam mesin dapat menyebabkan mesin menjadi cepat aus akibat debu yang menjadi bahan pengasah antar silinder dengan ring piston.

  1. Jangan langsung mematikan mesin mobil

Hal ini merupakan hal yang cukup penting juga untuk diterapkan. Jangan pernah mematikan mobil mesin secara langsung seusai penggunaan. Setidaknya biarkan dulu sampai 5 menit, baru dimatikan. Hal ini dikarenakan Anda tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai saat mobil sedang digunakan.

  1. Melakukan perbaikan di bengkel resmi

Apabila terjadi suatu kerusakan, apalagi pada injection pump, maka kamu harus segera membawanya ke bengkel-bengkel resmi terdekat untuk segera ditangani. Apabila jika kamu diharuskan untuk mengganti spare part tertentu, pastikan spare part yang kau gunakan itu asli dan direkomendasikan untuk mobil truk milikmu.

Demikianlah sederet hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal merawat mobil truk diesel milikmu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *