Tips Menurunkan Berat Badan untuk Wanita Hamil

Berat badan yang naik tentunya merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita yang tengah hamil. Namun, hati-hati, kenaikan berat badan yang berlebih bisa berbahaya bagi ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Pasalnya, obesitas ternyata bisa membahayakan kehamilan, lho. Oleh sebab itu, dokter biasanya akan menyarankan dan memperbolehkan ibu hamil melakukan diet agar kehamilan bisa berjalan dengan sehat hingga waktunya melahirkan nanti.

Tips menurunkan berat badan saat hamil

Tips menurunkan berat badan saat hamil

Melakukan diet pada saat hamil tentunya berbeda dengan diet pada saat keadaan biasa. Salah melakukan metode diet tidak hanya berbahaya bagi kondisi tubuh sang calon ibu namun juga bagi janin yang tengah dikandungnya. Nah, berikut ini beberapa tips aman menurunkan saat hamil yang mudah dilakukan, di antaranya:

Ketahui kebutuhan kalori

Sebelum memulai diet, sebaiknya ketahuilah lebih dulu berapa kebutuhan kalori Anda setiap harinya. Ini penting agar Anda tahu berapa banyak asupan makanan yang bisa dikonsumsi tanpa harus membahayakan Anda dan janin.

Buatlah daftar menu makanan

Setelah mengetahui berapa banyak asupan kalori yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah membuat menu makan sehat yang disuaikan dengan kebutuhan tadi. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda untuk memastikan menu yang dipilih telah benar-benar sesuai dan tepat. Ikutilah menu makanan ini dengan disiplin untuk mendapati hasil yang terbaik.

Hindari makanan manis dan berlemak

Makanan manis dan berlemak dapat membuat Anda bertambah berat badan karea akan membuat Anda jutsru sering merasa lapar dan ingin ngemil setiap saat. Sebaiknya pilihlah makan sehat yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.

 Tetap sarapan

Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan harapan dapat mengurangi asupan makanan. Namun, hal ini justru akan dapat membuat Anda merasa lebih lapar pada siang harinya. Hasilnya, Anda bisa saja makan lebih banyak dibandingkan biasanya. Selain itu, sarapan sangat penting karena dapat membantu mengurangi rasa mual, hening, dan mual yang sering dirasakan ibu hamil di pagi hari.

Pilih porsi makan kecil namun sering

Ibu hamil sering merasa lapar merupakan hal wajar. Ketika rasa lapar ini datang, sebaiknya pilihlah makan atau cemilan yang sehat namun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Atur waktu makan

Sebaiknya atur jarak antara waktu makan dengan tidur agar tidak terlalu berdekatan untuk menghindari penumpukan lemak. Ini karena ketika Anda tidur, tubuh tidak bisa mencerna makanan yang baru saja dimakan dengan baik, karena itu tidak jarang, perut pun terasa tidak nyaman ketika menyantap makanan berdekatan dengan waktu tidur, terutama untuk wanita hamil.

Olahraga

Wanita yang sedang hamil tidak dilarang untuk berolahraga, justru olahraga penting sekali untuk membantu menjaga dan menurunkan berat badan. Tentu saja, olahraga yang dipilih bukanlah olahraga berat, melainkan yoga, berenang, atau sekedar berjalan-jalan di taman.

Itu tadi beberapa tips untuk menurunkan berat badan di masa kehamilan dengan aman, semoga bisa bermanfaat. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *