Tips Menjaga Keamanan Ketika Merayakan Tahun Baruan

Tidak terasa tahun 2018 sudah hampir selesai, berbagai promo paket wisata untuk merayakan tahun baruan pun sudah tersebar hampir sebulan yang lalu. Jika Anda tertarik untuk merayakan acara Tahun Baruan di luar rumah atau menuju tempat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang, ada baiknya jika Anda berhati – hati dengan barang – barang pribadi Anda. Berikut adalah beberapa tips agar Anda terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan selama merayakan tahun baruan.

Merayakan tahun baru di luar

Merayakan tahun baru di luar

  1. Pakai Tas Tertutup

Gunakanlah tas yang tertutup sempurna. Lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakan tas yang bisa dikunci dengan gembok atau lainnya. Meskipun para pencopet bisa merobek atau menyilet tas anda, tetapi mereka akan membutuhkan waktu dan usaha lebih lama dan bisa dengan mudah Anda ketahui, terutama jika bahan tas Anda tidak mudah dikoyak atau dirobek. Selain itu ada baiknya jika Anda menggunakan tas dengan tampilan yang biasa – biasa saja dan tidak terkesan mewah, karena hal itu juga dapat menjadi salah satu faktor Anda akan ditandai oleh pencopet dan kelompok nya.

  1. Bawa Uang Secukupnya

Dewasa ini lebih banyak pilihan dalam penggunaan e-money seperti Ovo dan sejenisnya. Kartu debit dan kredit juga menjadi pilihan yang lebih aman dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup banyak di dalam dompet anda.

  1. Siapkan Receh di Kantong

Agar tidak memancing perhatian pencopet dan penjahat lainnya, hindari mengeluarkan dompet dalam frekuensi sering. Selain Anda dapat ditandai, pencopet akan mengetahui dimana Anda meletakkan dompet anda.

  1. Jangan Keluarkan HP

Selain dompet, Anda juga akan ditandai oleh pencopet dan komplotannya jika Anda sering mengeluarkan handphone di tempat umum. Ketika para pencopet mengetahui tipe handphone anda, maka ada kemungkinan besar mereka tidak hanya akan mencoba untuk mengambil dompet Anda tetapi handphone Anda juga akan menjadi incaran. Gunakan lah handphone seperlunya saja dan letakkan handphone Anda di dalam tas selama perjalanan.

  1. Simpan Kartu Identitas di tempat Terpisah

Untuk berjaga – jaga, ada baiknya jika Anda memiliki dompet kartu untuk meletakkan kartu identitas seperti KTP dan SIM, kartu ATM, juga kartu keanggotaan lain yang penting seperti kartu berobat, BPJS, dan lain sebagainya. Hal ini agar jika Anda tercopet, Anda tidak perlu repot mengurusnya lagi.

  1. Tambahkan Saku Tersembunyi

Jika memungkinkan, tambahkan lah tempat atau saku tersembunyi pada baju atau jaket Anda untuk meletakkan uang dan barang berharga lainnya seperti dompet.

Meski dengan berbagai pencegahan, Anda tetap harus tetap berhati – hati dan waspada ketika Anda berada di tempat umum yang penuh dengan orang, terutama jika keadaan cukup berdesak – desakan. Karena pencopet dan komplotannya akan lebih mudah mendapat mangsa ketika Anda lengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *