Tips Menata Peralatan Dapur Agar Terlihat Rapi

Tidak bisa disangkal, bagi Anda yang tinggal di unit properti Indonesia berupa apartemen, masalah yang paling sering dihadapi adalah keterbatasan ruangan. Salah satu ruangan yang sangat kecil di apartemen adalah dapur. Saking terbatasnya dapur ini, Anda pun sampai bingung harus menyimpan peralatan di mana agar dapur tidak terasa sempit. Nah, jika itu masalah yang Anda hadapi, coba beberapa hal di bawah ini agar Anda bisa menata dapur dengan rapi:

rak mini di dinding

rak mini di dinding

  1. Manfaatkan rak. Sekarang ini, ada rak serbaguna yang bisa digunakan untuk menyimpan peralatan dapur, lho. Anda bisa menyimpan koleksi piring, gelas, atau bahkan koleksi cangkir Anda di dalam rak ini. Baskom-baskom atau panci berukuran besar yang selama ini bingung hendak disimpan di mana juga bisa dimasukkan ke dalamnya.
  2. Buat gantungan. Dinding dapur seringkali dibiarkan kosong tanpa ada pernak-pernik penghiasnya. Nah, mengapa Anda tidak memanfaatkan dinding dapur ini? Anda bisa membuat gantungan di dinding sebagai tempat untuk menggantungkan peralatan dapur seperti panci, wajan, atau bahkan penggorengan. Dengan demikian, Anda bisa menghemat tempat sekaligus membuat dapur menjadi lebih hidup.
  3. Atas rak. Tidak bisa disangkal, peralatan dapur tak hanya berputar pada alat masak atau alat makan yang sering dipakai saja melainkan juga alat masak lain berukuran besar seperti oven, microwave, dan lain sebagainya. Alat-alat ini jarang dipakai, namun bukan berarti Anda bisa mengabaikannya begitu saja. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa menyimpan alat-alat ini dalam kardus, lalu simpan di atas rak. Dengan begitu, Anda tidak perlu memenuhi meja dapur dengan peralatan yang jarang dipakai.
  4. Rak dinding. Terakhir untuk menyimpan toples-toples berisi bumbu dapur, Anda bisa membuat rak dinding mini. Buat rak sederhana dari kayu lalu tata toples tersebut dengan rapi. Cara ini selain membuat dapur terlihat lebih tertata juga memudahkan Anda dalam mencari bumbu dapur yang dibutuhkan saat memasak.

Itu dia tips untuk menata peralatan dapur yang bisa Anda coba. Mudah sekali, kan? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *