Tips Memilih Tablet yang Tepat untuk penulis

Buat kamu yang hobi menulis, seorang blogger, atau jurnalis, pasti tahu sulitnya mencari ide untuk memulai. Kadang kamu sampai menciptakan suasana yang pas untuk mendapatkan ide tersebut, entah di dalam kamarmu atau di café/kedai kopi dengan suasana yang asik. Namun kadang juga, ide bisa datang kapan saja dan di mana saja, dan kalau sudah begini, kamu harus punya media untuk bisa menuangkannya sebelum ide tersebut menguap. Buku dan pensil mungkin bisa membantu, namun tentunya tidak praktis karena kamu harus menulisnya lagi di laptopmu. Sedangkan, kamu juga tidak mungkin membawa laptop dengan ukuran yang besar kemanapun kamu pergi, bukan?

Karena itulah, tablet menjadi pilihan mereka yang sibuk namun tetap ingin bisa menulis di mana saja dan kapan saja. Ya, tablet memang pilihan yang ideal, dengan ukuran yang tipis dan tidak lebih besar dari pada sebuah buku, tablet mudah di bawa kemana-mana dan digunakan kapan saja dibutuhkan. Kamu bisa menggunakannya sambil menyesap kopi kesukaanmu di café atau saat perjalanan, di dalam kereta atau bis, menuju kantor/rumahmu.

Namun, sebelum kamu mulai membeli tablet untuk kegiatan menulismu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ini karena, tidak semua tablet bisa mengakomodir kebutuhanmu dalam menulis. Jadi, agar pilihan kamu tidak salah dan merugikan nantinya, simak beberapa hal penting tersebut berikut ini.

tablet-untuk-si-penulis

Daya baterai

Percaya atau tidak, penulis ternyata menggunakan tablet jauh lebih sering dan lebih lama dibandingkan pengguna biasa. Karena itulah penting sekali memilih tablet dengan kapasitas baterai yang tinggi sehingga mampu digunakan untuk waktu yang lama.
Kapasitas RAM

Pilihlah tablet dengan RAM yang besar, minimal 2 GB, sehingga tablet tidak lemot saat digunakan untuk membuka alplikasi lain waktu kamu sedang menulis.

Ukuran layar yang nyaman di tangan

Pilih tablet dengan ukuran layar minimal 8 inci agar memudahanmu untuk menulis. Tapi, sebaiknya jangan terlalu besar juga, agar mudah untuk disimpan dan dibawa dalam tasmu. Sesuaikan juga dengan ukuran tanganmu, pastikan tablet bisa kamu gunakan dengan nyaman.

Memori untuk menyimpan data

Jangan sampai, tulisan dan data lainnya tidak bisa disimpan karena kekurangan memori. Semakin besar memori internal tentunya semakin bagus. Cek berapa memori internal tablet, apakah ada tambahan slot untuk memori eksternal atau tidak.

Aksesoris tambahan

Ada kalanya kamu merasa capai saat menulis di tablet dengan menggunakan stylus atau jarimu. Apalagi kalau kamu menulis dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama. Hal tersebut tidak akan jadi halangan bila tablet dilengkapi dengan aksesoris tambahan seperti keybard portable.

Nah, salah satu tablet yang cocok untuk penulis adalah tablet Samsung Galaxy S2. Dibekali dengan layar berukuran 8 inci dan body yang tipis, tablet ini praktis untuk dibawa dan digunakan kapan pun kamu mendapatkan ide menulis. Untuk penyimpanan data, kamu tidak usah khawatir, Samsung memberikan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB yang bisa ditambah dengan menggunakan memory card hingga 128 GB. Tablet ini juga dilengkapi dengan prosesor 8-core dan RAM sebesar 3GB, tidak ada lagi kata lemot saat kamu membuka beragam aplikasi untuk menemanimu saat menulis.

Serunya lagi, Samsung Galaxy S2 juga dilengkapi dengan keyboard dock portable yang bisa dibeli terpisah di toko resmi atau e-commerce yang jual tablet Samsung dan aksesorisnya. Untuk harga tablet Samsung ini, bisa dibilang bersahabat, dibanderol pada harga Rp5 jutaan saja. Tidak terlalu mahal kan?

Nah, semoga tips tadi bisa membantumu memilih tablet yang tepat untuk kegiatan menulismu! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *