Tips Memilih Kursi Nyaman untuk Kerja ‘Seharian’

Penataan ulang sudut ruang kerja di rumah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan suasana kerja yang fokus dan positif, namun belum lengkap rasanya bila tidak dipasangkan dengan kursi kerja yang ideal untuk menciptakan kenyamanan saat duduk berjam-jam di depan komputer. Berikut tips memilih kursi kerja yang nyaman:

kursi kerja nyaman

kursi kerja nyaman

  1. Kursi yang mengikuti anatomi punggung

Pastikan kursi untuk menemani kerja Anda berjam-jam bisa menyesuaikan ergonomis tubuh, agar dapat meminimalisir kelelahan dan ketegangan pada otot pinggul, punggung, dan leher Anda. Apabila tidak menyesuaikan dengan ergonomis tubuh, bisa menyebabkan sakit jangka panjang, seperti sakit pinggang/nyeri pinggang dan punggung, bahkan sampai kelainan tulang belakang karena kebiasaan duduk yang tidak baik dan benar.

  1. Kursi yang sepadan dengan meja kerja

Pentingnya memilih kursi kerja yang dapat dinaikturunkan sesuai dengan kaki dan meja kerja Anda. Hal tersebut bisa berpengaruh pada postur tubuh. Apabila kursi yang dipakai bisa sesuai dengan meja, akan menjadikan kebiasaan yang baik dan benar untuk tubuh Anda, sehingga tidak membuat postur tubuh menjadi bungkuk atau terlalu membusung.

  1. Kursi yang memiliki bantalan duduk yang tebal

Bekerja berjam-jam lamanya di depan komputer sambil duduk, mengharuskan seseorang menggunakan kursi yang empuk. Untuk itu, penggunaan kursi dengan bantalan duduk yang tebal bisa membuat diri Anda nyaman, tidak mudah pegal dan mudah lelah.

  1. Terdapat sandaran lengan

Saat lelah datang, Anda perlu meregangkan otot dan berhenti sejenak untuk menulis, menggambar, ataupun mengetik. Anda bisa menyandarkan tubuh sembari menyandarkan lengan di sandaran lengan kursi, untuk berisirahat sejenak merileksasikan otot tangan dan lengan agar tidak kram.

  1. Terdapat tumpuan kepala

Selain sandaran lengan, kursi kerja yang ideal, memiliki tumpuan kepala. Konsentrasi yang tinggi saat bekerja, pastinya membuat kepala menjadi pusing. Hal tersebut menjadi bukti bahwa otot tidak dapat diforsir berjam-jam lamanya tanpa waktu istirahat. Untuk itu, cukup sandarkan tubuh dan kepala sejenak sembari memejamkan mata Anda.

Nah, itulah tips memilih kursi kerja yang ideal demi kenyamanan saat bekerja. Namun, menggunakan kursi kerja yang nyaman tidak terlalu berguna jika ruang kerja Anda sendiri tidak nyaman. Misalnya salah saat memilih sofa untuk hunian yang akan diletakkan di ruang kerja, ruang kerja terasa panas, dan sebagainya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *