Tips Membuat Reading Nook di Rumah Sendiri

Kamu hobi membaca? Bayangkan nikmatnya membaca di satu tempat pribadi di rumahmu tanpa ada yang mengganggu, hmm, sungguh asyik! Tempat baca pribadi ini biasanya disebut dengan istilah reading nook. Biasanya terletak di salah satu sudut rumah  dengan  tempat duduk atau sofa, entah terbuat dari furniture kayu jati atau sekedar hamparan karpet dan tumpukan bantal, yang sangat nyaman untuk menjadi tempat “persembunyian” kamu ketika membaca.

Tertarik untuk membuat reading nook di rumahmu sendiri? Cek dulu tips pembuatannya berikut ini, ya:

Pemilihan tempat

Reading nook tidak memerlukan tempat yang luas. Cukup manfaatkan saja sisa ruangan atau sudut yang tidak terpakai di rumahmu sebagai reading nook. Misalnya saja ruangan di bawah tangga, loteng, atau sudut di ruangan keluarga Kamu. Pokoknya, tempat yang menurut Kamu paling nyaman di rumah, cocok untuk dijadikan sebagai reading nook.

This slideshow requires JavaScript.

Pencahayaan yang baik

Samping jendela merupakan tempat yang ideal dijadikan sebagai reading nook, karena pencahayaan naturalnya yang baik. Namun, tentu saja tidak semua reading nook bisa berada di dekat jendela. Untuk menyiasatinya, gunakanlah lampu baca yang cukup untuk memberikan pencahayaan pada saat kamu membaca. Namun, jangan terlalu terang ya, karena tidak sehat juga untuk mata.

Tempat duduk yang nyaman

Agar dapat membaca dengan nyaman, tentunya tempatnya juga harus nyaman. Ada banyak pilihan tempat duduk di reading nook yang bisa kamu gunakan, mulai dari sofa kecil, furniture kayu jati dengan tumpukan selimut dan bantal kecil, hingga kursi goyang. Bagaimana bila ternyata reading nook kamu memiliki atap yang rendah, seperti di loteng atau ruangan di bawah tangga? Siasati saja dengan menggunakan tumpukan karpet atau selimut tebal dan bantal. Voila, nyaman dan mudah, kan?

Dekorasi

Reading nook Kamu belum lengkap bila belum ada sentuhan pribadi di dalamnya. Hiasi reading nook kamu dengan benda-benda favorit yang membuatmu nyaman, misalnya saja selimut dan bantal kesayangan, foto-foto, dan sebagainya. Bila reading nook Kamu berukuran besar, bisa juga tambahkan rak buku kecil atau pot bunga di sudut reading nook.

Reading nook outdoor

Ingin membuat reading nook outdoor? Boleh-boleh saja, cukup letakkan satu bangku kayu, lapisi dengan selimut tebal—atau tidak pun tak apa-apa— di halaman rumahmu, dan tambahkan kanopi di atasnya untuk melindungimu dari teriknya matahari.

Nah, selamat berkreasi membuat reading nook di rumahmu! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *