Tips Membantu Anak Rajin Berlatih Alat Musik

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang anak dari mempelajari musik. Mulai dari meningkatkan kemampuan motorik, membangun skill sosial, meningkatkan kemampuan akademis, hingga meningkatkan percaya diri sang anak. Maka tidak heran banyak orang tua yang kemudian membelikan instrumen musik di toko alat musik dan mendaftarkan anaknya ke tempat les musik. Namun, namanya juga anak-anak, kadang mengajak mereka untuk berlatih musik di rumah sama saja seperti membuat perang. Kalau orang tua tidak sabar, maka berlatih musik bisa menjadi mimpi buruk bagi anak, dan membuatnya justru tidak menikmatinya.

Nah, berikut ini beberapa tips dalam mengajak anak berlatih musik dengan menyenangkan di rumah yang bisa menjadi inspirasi:

anak-berlatih-musik

Waktu latihan yang tidak terlalu lama

Sebaiknya jangan memaksa anak untuk berlatih musik dalam waktu yang lama. Anak-anak tidak memiliki jangka konsentrasi yang lama. Berlatih selama 15 atau 30 menit sehari saja sudah cukup hingga anak terbiasa. Lebih dari itu, anak akan merasa bosan dan menolak untuk latihan. Setelah anak terbiasa, barulah Anda bisa mencoba memperpanjang waktu latihan.

Buat suasana latihan menyenangkan

Jangan membuat latihan seperti sebuah hukuman dengan memaksakannya atau memarahi anak ketika tidak mau latihan. Semakin Anda melakukannya semakin anak akan membencinya. Cobalah untuk mencari jalan tengah atau berkompromi dengan anak dan buat suasana belajar yang menyenangkan.

Berikan hadiah

Untuk membujuk anak agar mau latihan, cobalah dengan mengimi-imingi dengan hadiah. Misalnya saja bila anak mau untuk berlatih secara rutin selama seminggu tanpa mengeluh, maka ia akan mendapatkan es krim kesukaaannya atau buku/mainan yang diinginkan atau piknik bersama dengan keluarga. Hadiah tentunya bisa disesuaikan dengan budget dan kegemaran si anak. Anda bebas berkreasi menyesuaikannya.

Jangan batasi kreativitas anak

Biarkan anak bermain dengan instrumen dan menciptakan lagu sesuai dengan keinginannya. Anda bisa terkejut mengetahui lagu atau musik apa yang bisa ia ciptakan dengan kreativitasnya. Selain itu, hal ini akan membantunya mempelajari musik lebih baik lagi.

Jadikan latihan sebagai rutinitas

Membiasakan latihan setiap hari (setidaknya selama weekdays) akan membuat hal tersebut menjadi sebuah rutinitas yang akan membuat anak menjadi lebih mudah menjalankannya. Misalnya saja dengan membuat waktu latihan pada pagi hari sebelum berangkat sekolah atau di sore hari sebelum makan malam. Tentu saja hal tersebut tidak mudah, namun dengan tidak membiasakan anak untuk bolos latihan dan menciptakan suasana latihan yang menyenangkan hal tersebut dapat tercapai.

Dengarkan anak

Ada kalanya anak benar-benar menolak memainkan satu instrument dan lebih tertarik untuk memainkan alat musik lain. Dengarkanlah keinginanan anak tersebut, setiap anak memiliki preferensi anak musik yang berbeda, hargailah keinginannya dan biarkan anak berlatih alat musik yang diinginkan. (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *