Tips Membersihkan Tempat Tinggal Secara Efektif

Anda pasti ingin agar tempat tinggal anda tetap bersih dan mengkilap. Tidak terkecuali jika anda tinggal di tempat sekelas premium apartment Jakarta. Ada beberapa tips agar anda dapat menjaga kebersihan dan agar tempat anda tetap dapat mendukung  kesehatan anda. Berikut adalah beberapa diantaranya.

membersihkan rumah dengan efektif

membersihkan rumah dengan efektif

  1. Gantilah sprei secara berkala

Meskipun tidak terlihat kotor, usahakan untuk memiliki sprei ganti dan cucilah sprei anda maksimal setiap 2 minggu sekali. Walau terlihat bersih, namun debu dan berbagai hal yang tidak kasat mata dapat menempel pada permukaan sprei dan dapat memungkinkan anda terkena penyakit kulit atau gatal – gatal. Terlebih lagi jika anda memiliki alergi debu. Anda harus rutin mengganti sprei tempat tidur anda.

  1. Bagikan atau Sumbangkan Barang yang Tidak Lagi Digunakan

Tempat tinggal yang dipenuhi dengan barang dan furnitur akan lebih sulit untuk dibersihkan dan dirapihkan kembali. Memakan waktu yang cukup lama untuk memastikan agar setiap sudut benar – benar sudah bersih, dan akan memakan waktu yang sama banyak untuk menata kembali barang – barang anda.

  1. Segera cuci piring setelah digunakan

Jangan biasakan untuk menumpuk piring, peralatan makan dan gelas yang kotor. Semakin banyak peralatan makan yang kotor, maka anda akan semakin Lelah untuk membersihkannya. Alhasil, seringkali peralatan makan yang anda cuci tidak maksimal kebersihannya karena anda ingin segera selesai. Ada baiknya jika anda segera mencuci peralatan makanan yang telah anda gunakan.

  1. Hemat Air saat Mencuci Piring

Sekalah piring kotor menggunakan spons dan sabun. Tampung lah air ke dalam dua baskom terpisah, setelah dicuci mengunakan sabun hingga bersih, bilas lah piring – piring kotor menggunakan baskom pertama untuk menghilangkan busa. Kemudian bilas kembali di dalam baskom kedua dengan air yang lebih bersih sebelum di keringkan dan kembali diletakkan di rak. Dengan demikian, anda hanya akan membuang kurang lebih 4 baskom kecil air saja dibandingkan dengan mencuci piring dengan air kran yang terbuka dan terus mengalir.

  1. Cuka dan lemon untuk kamar mandi

Anda bisa menggunakan cuka dan larutan air untuk membersihkan wastafel dan bekas buih sabun di lantai. Selain itu anda juga dapat membersihkan bak mandi dengan menggunakan campuran air dan soda kue. Jika noda membandel, anda dapat menggunakan campuran soda kue, air, dan perasan lemon untuk membersihkannya. Tips lainnya adalah, cobalah untuk menaburi soda kue di bagian dalam toilet dan kemudian tuangkan cuka putih murni untuk menghilangkan noda dan bau.

Masih banyak cara lain untuk menjaga kebersihan tempat tinggal anda, namun yang paling penting adalah menjadikan menjaga kebersihan sebagai bagian dari kegiatan kita sehari – hari, agar ketika datang hari kosong untuk bebersih, anda tidak akan terlalu Lelah membersihkan rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *