Tips Memanfaatkan Internet untuk Para Penulis

Anda penulis yang sedang merintis karir kepenulisan Anda?Well, sudah saatnya Anda mulai bergerak untuk melakukan sesuatu alih-alih hanya memikirkan ide cerita seorang diri saja. Yap, sekarang ini penulis bukanlah sebuah profesi yang sendirian, lho. Akan terasa menarik jika Anda memiliki partner untuk sekadar sharing soal dunia kepenulisan. Bersyukurlah dengan keberadaan internet kabel yang sudah menyebar hingga ke pelosok wilayah Indonesia. Kini, di mana pun Anda, Anda sudah bisa terkoneksi dengan orang lain,dan tentunya dengan penulis lain! Lantas, bagaimana ya cara memanfaatkan internet untuk menunjang profesi penulis Anda?

Internet dan penulis novel

Internet dan penulis novel

Bergabung dengan komunitas penulis

Ada banyak sekali komunitas penulis yang dimulai dari dunia maya. Anda bisa mencarinya di Twitter, Facebook, bahkan Instagram. Komunitas ini biasanya berdiri atas kesukaan mereka terhadap dunia tulis menulis. Tidak peduli apa pun genre tulisannya, mereka akan saling support dengan karya masing-masing. Anda bisa coba bergabung di dalamnya dan berkontribusi meskipun sedikit. Anda tidak akan pernah menyangka berapa banyak ilmu dan informasi yang Anda dapat dengan bergabung di komunitas ini.

Publish tulisan Anda di platform

Tidak masalah jika Anda belum pernah menerbitkan sebuah karya. Sebab, ada banyak sekali platform khusus seperti Wattpad, Storial, atau Gramedia Writing Project, misalnya, di mana Anda bisa mempublikasikan tulisan Anda secara online agar dibaca oleh khalayak luas. Psst, bahkan banyak juga lho penulis yang memulai debutnya melalui platform ini. Anda tidak akan pernah tahu kapan penerbit akan melirik tulisan Anda. Jadi, tulis sebaik mungkin, ya!

Riset!

Yap, ini dia hal terpenting yang bisa Anda lakukan di internet. Seorang penulis tidak akan ada artinya jika ia tidak melakukan riset. Tulisan Anda tidak akan berkembang dan juga mengada-ada. Untuk itu, manfaatkan internet untuk meneliti topik yang sedang Anda tulis. Serap informasi sebanyak-banyaknya lalu tuangkan ke dalam tulisan Anda.

Jalin hubungan baik dengan penulis favorit Anda

Anda punya penulis favorit yang selalu Anda jadikan role model? Cari tahu akun sosial media atau emailnya dan jalinlah komunikasi dengan mereka. Bersikaplah sopan, apresiasi tulisan mereka, dan cobalah untuk membangun komunikasi dengan mereka. Psst, penulis-penulis ini sering berbagi info tentang dunia kepenulisan di sosial media mereka, lho. Jadi, siap-siap menyimak ya.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan internet. Semoga dapat membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *