Tips Memanfaatkan Sinar Matahari untuk Pencahayaan Rumah

Jangan salah, jendela rumah juga berperan penting dalam penataan cahaya di rumah lho. Karena itu, pastikan jendela rumah Anda terbuat dari kusen UPVC yang berkulitas agar bisa lebih awet. Jendela dapat mengatur banyak atau sedikit sinar matahari yang masuk ke ruangan di rumah Anda. Selain jendela, ada beberapa hal lainnya yang memengaruhi pencahayaan alami dalam rumah. Ingin tahu lebih banyak lagi bagaimana cara memanfaatkan cahaya alami dari sinar matahari untuk menerangi ruangan? Simak tips berikut ini!

Pencahayaan alami di rumah

Pencahayaan alami di rumah

  • Gunakan Jendela yang Besar

Seperti yang sudah dijelaskan, jendela sangat berperan penting dalam mengatur pencahayaan dalam ruangan. Jika Anda menggunakan jendela yang besar, otomatis ruangan akan menjadi lebih terang. Akan tetapi sinar matahari yang menyengat dapat membuat ruangan terasa panas. Nah, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kaca film atau gorden yang bisa menghalangi panas.

  • Jangan Menghalangi Jendela

Percuma saja bukan, jika sudah menggunakan jendela yang besar namun banyak perabotan di ruangan yang menghalanginya? Sebaiknya jangan letakan furnitur atau benda tinggi di depan jendela agar cahaya yang masuk tidak terhalang. Jika ingin memasang tirai, sebaiknya pilihlah tirai yang tidak menghalangi sinar matahari.

  • Memanfaatkan Cermin

Jika tidak mungkin menambahkan jendela, Anda bisa memanfaatkan material reflektif seperti cermin. Saat diletakkan tidak jauh dari jendela, cermin dapat memantulkan cahaya yang akan menambah penerangan pada ruangan.

  • Gunakan Cat dengan Warna Terang

Cat berwarna terang mampu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Itulah mengapa banyak rumah modern dan minimalis sekarang ini yang menggunakan cat berwarna terang seperti putih, krem, dan lainnya. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan warna terang pada bidang seperti dinding, lantai atau plafon untuk memaksimalkan pencahayaan.

  • Membuat Skylight

Skylight atau jendela atas bisa menjadi solusi yang tepat untuk memberikan suasana yang nyaman pada ruangan. Ada dua jenis skylight, ada yang bisa tidak dibuka-tutup dan ada juga yang bisa dibuka-tutup seperti jendela. Meskipun budget untuk membuat skylight cukup mahal, efek pencahayaan yang diberikan pada ruangan dijamin worth it!

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan pencahayaan alami pada ruangan. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *