Tips Hemat saat Membeli Alat Musik

Membeli peralatan musik di toko alat musik seperti MG biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin repot dalam membeli alat musik. Ya, di toko musik besar seperti itu biasanya memiliki koleksi yang lengkap serta pelayanan yang sangat membantu. Kelemahannya mungkin adalah harganya yang tidak bisa ditawar lagi dan kadang tidak sesuai dengan kondisi kantong kita. Lalu apa yang harus dilakukan saat sudah ngebet kepengin punya alat musik tapi budget ternyata tidak mencukupi?

Tenang, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran namun tetap mendapatkan alat musik yang sesuai dengan keinginan. 

Hemat membeli alat musik

Hemat membeli alat musik

Beli alat musik bekas (second)

Meski namanya bekas, namun bukan berarti kualitasnya buruk. Banyak, kok, alat musik bekas yang masih terawat dengan baik dan dijual dalam kondisi yang hampir sama dengan yang baru. Kita bisa mencari alat musik bekas ini di toko-toko online yang menyediakan barang second, seperti tokopedia atau olx. Atau, bila ingin mencobanya terlebih dulu sebelum membelinya (tidak semua penjual toko online memberikan opsi ini), kita bisa mencarinya di garage sale atau toko-toko musik lain yang menjual alat musik second.

Cek teman atau keluarga

Kadang, tanpa kita sadari ternyata teman atau keluarga kita bisa saja memiliki alatt musik yang sedang kita cari dan sudah tidak terpakai. Karenanya, tidak ada salahnya untuk bertanya-tanya kepada teman atau keluarga mengenai alatt tersebut. Bukan tidak mungkin, loh, mereka justru memberikannya secara cuma-cuma kepada kita daripada harus berdebu di dalam gudang.

Lakukan komparasi harga online dan harga toko

Agar mendapatkan harga yang terbaik, cobalah untuk melakukan komparasi harga, mulai dari toko musik biasa hingga toko online. Kadang, antara satu toko dengan toko lainnya memiliki perbedaan harga yang lumayan besar. Jadi jangan malas untuk mengunjungi beberapa toko dan melakukan perbandingan harga yang ditawarkan.

Cari info sale atau promo

Beberapa toko, baik online maupun konvensional, kadang memberikan harga promo atau sale pada waktu tertentu. Untuk mendapatkan informasi ini, kita bisa mengecek website resmi toko atau berlangganan newsletter. Biasanya website resmi dan newsletter ini memberikan informasi lengkap mulai dari harga, produk terbaru, hingga promo dan diskon yang diberikan.

Ada harga ada kualitas

Memang, sih, membeli alatt musik dengan harga murah akan “menyelamatkan” keuangan kita pada saat itu. Namun perlu diingat, kadang harga yang diberikan sesuai dengan kualitas dari barang tersebut. Jadi, bisa saja kita menghemat Rp500.000 untuk membelli gitar, namun ternyata gitar tersebut rusak setahun kemudian dan kita terpaksa merogoh kantong lagi untuk membeli gitar baru. Beda dengan saat kita membeli dengan harga yang lebih mahal namun dengan kualitas yang baik dan awet digunakan hingga bertahun-tahun ke depan, yang tentunya akan menjadi lebih murah bila dihitung-hitung.

Punya pengalaman lain sehubungan dengan membeli alat musik dengan hemat? Yuk bagi di komen! (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *